Belitung Beach Run 5K, Lomba Lari Sambil Menikmati Keindahan Pantai : Okezone Travel

Diposting pada

KABUPATEN Belitung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki banyak objek wisata indah terutama pantai. Beragam event digelar untuk menarik kunjungan wisatawan, salah satunya Belitung Beach Run 5K atau lomba lari 5 kilometer di tepi pantai.

Ya, peserta Belitung Beach Run 5K tentu saja tak hanya sekadar mengejar hadiah. Tapi juga bisa ikut lomba sambil wisata. Sambil lari, peserta bisa menikmati keindahan pantai di Belitung.

Bupati Belitung, Sahani Saleh yakin bahwa Belitung Beach Run 5K menjadi ajang promosi pariwisata untuk meningkatkan kunjungan turis.

 BACA JUGA:Pesona Pantai Tanjung Tinggi Bangka Belitung, Ada Spot Batuan Granit Raksasa

“Saya cukup yakin kegiatan Belitung Beach Run 5K dapat mendukung dan mempromosikan pariwisata Belitung,” katanya usai melepas peserta lari di pesisir pantai Tanjung Tinggi, Sijuk, Minggu (9/10/2022).

Belitung Beach Run 5K merupakan agenda kalender pariwisata oleh Dinas Pemuda dan Olahraga setempat dalam upaya memperkenalkan keindahan objek wisata Belitung.

Menurut Sahani, Pulau Belitung memiliki pesona garis pantai yang indah jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

 

Garis pantai Belitung menawarkan keindahan pasir putih, laut biru, serta formasi bebatuan granit yang telah diakui sebagai Unesco Global Geopark (UGG).

“Kemudian garis pantai di Belitung juga saling terhubung tidak terputus oleh aliran sungai ataupun faktor medan dan alam lainnya,” ujar dia seperti dilansir dari ANTARA.

Bupati Belitung berharap, kegiatan lari tepi pantai sepanjang lima kilometer tidak hanya digelar untuk tingkat lokal saja, namun bisa ditingkatkan menjadi tingkat level nasional dan internasional.

 BACA JUGA:Melestarikan Budaya Belitung Timur Melalui Festival Jelajah Pesona Jalur Rempah

Hal ini didukung oleh keindahan garis pantai yang dimiliki oleh Belitung sebagai 10 destinasi prioritas di Tanah Air.

Baca Juga :   Wisata Pulau Ketawai di Bangka Tengah, Bisa Snorkeling sampai Outbound Halaman all

“Kemudian tidak hanya melombakan kategori jarak 5K saja bisa ditingkatkan menjadi “distance” (jarak) 10K dan seterusnya,” katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Belitung, Junaidi di Sijuk, Minggu mengatakan Belitung Beach Run 5K dilaksanakan guna menjaring pelari berbakat di daerah itu.

“Semoga ini menjadi awal yang baik bagi atlet Belitung untuk meningkatkan prestasi agar ke depan dapat bersaing lebih baik lagi,” ujarnya.

Sebanyak 749 peserta ikut berpartisipasi dalam kegiatan lari tepi pantai tersebut baik peserta dari dalam daerah maupun luar daerah seperti Jakarta, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Belitung Timur.

 Ilustrasi

Junaidi menjelaskan, selain menjaring pelari berprestasi, kegiatan lari tepi pantai tersebut juga mendukung sport tourism (wisata olahraga) di daerah itu.

“Kegiatan lari tepi pantai pada hari ini kami nilai berjalan sukses. Selain menjaring atlet berprestasi, kegiatan ini juga untuk mempromosikan pariwisata Belitung,” katanya.


Artikel ini bersumber dari : travel.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *