Berbagai Kuliner Halal yang Ada di Kota Manado

Diposting pada

Manado, IDNTimes – Manado, Sulawesi Utara, dikenal dengan wisata alam yang indah. Destinasi wisata yang ada menyajikan pemandangan alami dan menjadi daya tarik tersendiri.

Tak lengkap rasanya jika datang ke Manado namun tidak mencoba kulinernya. Meski mayoritas penduduknya beragama Nasrani, wisatawan tak perlu khawatir kesulitan mencari makanan yang halal di Manado.

Berikut beberapa rekomendasi makanan yang wajib dicoba jika berkunjung ke Manado, dan tentunya halal.

1. Tinutuan

Deretan Kuliner Halal yang Wajib Dicoba di Kota ManadoRM. Lidya, salah satu tempat makan di Sentra Kuliner Tinutuan Wakeke. IDNTimes/Savi

Tinutuan atau bubur khas Manado bentuknya agak berbeda dari bubur lainnya. Tinutuan memiliki tekstur lebih encer dan menggunakan sedikit beras sebagai bahan baku.

Namun, Anda tak perlu khawatir tidak kenyang karena banyak penjual yang menyajikan tinutuan dengan mi. Rasanya yang gurih dan penuh rempah, tinutuan enak disantap bersama gorengan seperti tahu, tempet, hingga perkedel nike.

Di Manado, wisatawan bisa dengan mudah menemukan tinutuan. Jika tidak ingin repot mencari, wisatawan bisa langsung ke Sentra Kuliner Tinutuan Wakeke yang terletak di Kecamatan Wenang, Kota Manado. Di Sentra Kuliner Tinutuan Wakeke, tinutuan dijual dengan harga mulai dari Rp 15 ribu per porsi.

2. Cakalang fufu

Deretan Kuliner Halal yang Wajib Dicoba di Kota ManadoCakalang fufu atau cakalang asap yang dijual di Jalan Raya Tanawangko, Tanawangko, Minahasa, Sulawesi Utara. IDNTimes/Savi

Cakalang fufu atau cakalang asap menjadi primadona kuliner bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Cakalang fufu adalah ikan cakalang yang dibakar menggunakan batok kelapa.

Banyak rumah makan di Manado yang menyajikan cakalang fufu. Cakalang fufu bisa dimakan langsung, atau jika ingin lebih enak bisa diolah kembali menjadi makanan lainnya seperti cakalang santan.

Baca Juga :   DPRD Minta Pembangunan Bandara Wisata Bulukumba Diprioritaskan

Jika ingin membeli cakalang fufu untuk oleh-oleh, wisatawan bisa langsung ke Jembatan Sario atau ke daerah Tanawangko, Minahasa, yang jaraknya hanya sekitar 9 kilometer dari pusat Kota Manado. Di sana, wisatawan bisa menemukan banyak penjual cakalang fufu di pinggir jalan yang menjual dengan harga mulai dari Rp 40 ribu per ekor, tergantung ukuran.

3. Klappertaart

Deretan Kuliner Halal yang Wajib Dicoba di Kota ManadoKlappertaart original yang dijajakan Toko Oleh-oleh Christine Klappertaart. IDN Times/Savi

Klappertaart memang kudapan yang tidak sulit ditemukan di berbagai daerah, namun wisatawan wajib mencoba klappertaart di Manado. Klappertaart di Manado memiliki rasa kelapa yang kuat, dan isian buah kelapa yang lebih banyak dibanding di daerah lain.

Hal tersebut dikarenakan tak sulit menemukan buah kelapa di Sulawesi Utara, sehingga produksinya pun melimpah. Kini, klappertaart hadir dengan berbagai varian rasa.

Jika ingin membeli klappertaart, wisatawan bisa langsung mengunjungi toko oleh-oleh khas Manado seperti yang ada di Jalan BW Lapian, Tikala, Manado. Klappertaart dijual dengan harga mulai dari Rp 20 ribu per porsi untuk ukuran kecil.


Artikel ini bersumber dari : sulsel.idntimes.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *