Berburu Cinderamata Unik di Sentra Kerajinan Kayu Jati Blora

Diposting pada

TIMESINDONESIA, BLORA – Hampir 50 persen wilayah Kabupaten Blora, Jawa Tengah terdiri dari kawasan hutan jati. Tak heran, jika banyak wisatawan lokal dan luar daerah hingga turis asing, datang berkunjung ke sentra kerajinan kayu jati di Kelurahan Jepon Kecamatan Jepon. Sebab di sentra kerajinan itu, memajang ribuan karya yang menjadi barang wajib untuk dibeli sebagai cinderamata. 

Sejak diresmikan tahun 2001 lalu, pusat kerajinan tersebut sangat ramai dan banyak didatangi wisatawan.

Ragam souvenir dan mebel/furniture, terpampang apik di puluhan kios berjajar disepanjang jalan raya tersebut. Siapapun yang melihat pasti tergoda untuk memilikinya. 

kerajinan kayu jati bSentra kerajinan Jepon memajang ribuan karya yang menjadi barang wajib untuk dibeli sebagai cinderamata. (Foto: Firmansyah/TIMES Indonesia)

Ketika TIMES Indonesia berkunjung di kawasan tersebut, tampak asbak dengan beragam motif, tatakan gelas beragam bentuk, cup lampu, miniatur transportasi, hewan, vas bunga dan boneka. 

Ada juga kaligrafi, meja, kursi, jam dinding, almari, meja rias, jam dinding, dipan, kerajinan akar, gasebo dan lainnya. Penjaga toko pun dengan ramah, menawarkan dan menjelaskan detail harganya. 

Yanik, penjaga Showroon Mahkota Jati mengatakan, transaksi orderan sangat banyak di showroom yang dikelolanya.

“Bulan ini yang banyak dicari pembeli antara lai  tatakan air mineral, jam, kaligrafi, asbak, vas bunga, tempat payung. Harga mulai sepuluh ribuan hingga jutaan,” bebernya. 

kerajinan kayu jati cRagam souvenir dan mebel/furniture, terpampang apik di puluhan kios berjajar disepanjang jalan raya Jepon. (Foto: Firmansyah/TIMES Indonesia)

Hal senada juga dikatakan Ulfa Gemita, pemilik kios Barep Jati. “Bulan ini agak meningkat mas. Ada yang datang langsung, ada juga yang via online. Misalnya permintaan patung kuda,” terangnya. 

Terkait penjualan, Ulfa yang sudah menekuni bisnis kerajinan kayu Jati sejak 2007 ini, mengaku banyak memiliki langganan tetap. “Produk kami banyak dibeli hampir di sejumlah daerah di Indonesia. Kami juga menjamin barang aman sampai tujuan, karena didukung jasa packing yang bagus agar produk utuh sampai tujuan,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :   Mencicipi Lezatnya Ilabulo, Kuliner Gorontalo yang Khas

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


Artikel ini bersumber dari : www.timesindonesia.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *