Berburu Makanan dan Oleh-oleh Unik di London

Berbagai jenis makanan dari penjuru dunia dapat kamu cicipi di sini. Tetapi, bersiap-siaplah mengambil uang yang cukup banyak. Jatahnya yang besar, performa, dan wewangiannya yang menarik pasti membuat kamu teteskan air liur.

Pergi jalanan, apa lagi ke lokasi yang jauh dan jarang-jarang dapat didatangi, tentu membuat kita tergelitik beli oleh-oleh untuk keluarga, rekan, terhitung diri sendiri. Yang lebih hebat kembali, sekalian cari oleh-olehan, kita dapat sekalian berekreasi kulineran. Di London, ada tiga lokasi yang populer akan makanan dan oleh-olehnya, yakni Borough Pasar, Covent Garden, dan Camden Pasar. Yok, kita baca pembahasan secara singkat.

1. Borough Market

Pasar terkenal ini dikenali serba ada, dimulai dari sayur, daging, buah fresh, kue, roti, dan sudah tentu makanannya. Salah satunya makanan yang harus kamu coba di sini ialah duck confit sandwich di stan Le Marche Du Quartier. Dagingnya tebal dan halus dengan tepian renyah, ditambahkan sauce mustard. Belum kenyang tanpa nasi? Tidak boleh cemas. Kamu dapat singgah ke Wok-it, restaurant Asia yang cukup unik dengan menu self-customize.

Bagaimana dengan oleh-olehan? Bila mempunyai rekan dan keluarga pencinta kopi, kamu dapat membelikan mereka kopi di Monmouth Coffee Company, café terkenal yang bukan hanya jual kopi siap minum, tetapi kopi giling. Kopinya bermacam, dimulai dari kopi Ethiopia dan Kenya dari Afrika, kopi Brazil dan Kolombia dari Amerika Selatan, sampai kopi Indonesia.

Bungkusannya juga terdiri dari tiga opsi, 250gr, 500gr, dan 1000gr. Harga per 1000gr sekitar £25-35. Bila bingung pilih, pramusaji akan menolong dengan bertanya tingkat keasaman atau kandungan cafein kopi yang kamu senang, lalu mereferensikan kopinya. Mereka akan bertanya bagaimanakah cara kamu menyedu kopi supaya tahu sehalus apa mereka perlu menggerus kopinya.

Posisi borough Pasar tidak begitu jauh dari London Bridge, Tower Bridge, dan Shakespeare’s Globe. Ke-3 nya dapat diraih dengan berjalan kaki, hingga sesudah senang melahap makan siang, kamu dapat habiskan sore dengan jalan-jalan sambil nikmati angin sepoi-sepoi yang sejuk. Alamat: 8 Southwark St, London.

2. Covent Garden

Kamu tentu sudah kenal bernama ini, ‘kan? Teritori Covent Garden mempunyai tempat rekreasi yang tidak kalah beberapa dari Borough Pasar. Didampingi street performers dan live music, kamu tidak akan jemu bersantap siang di sini.

Salah satunya restaurant yang harus disinggahi ialah Shake Shack. Walau populer akan sajian ShackBurger, tetapi cheese fries-nya tidak kalah nikmat. Saat bayar, kamu akan diberi seperti alat seperti remote yang bakal mengeluarkan bunyi bila pesanan kamu siap. Yang lebih hebat kembali, khusus Shake Shack cabang Covent Garden, mereka telah memiliki label halal, hingga kamu tak perlu ragu-ragu coba.

Sesudah perut berisi, kamu dapat belanja cenderamata di dua pasar, yakni Apple Pasar dan Jubilee Pasar Hall. Barang yang dipasarkan lebih kurang sama. Baju, jaket, jersey club sepak bola, gantungan kunci, tempelan kulkas, gelas, sampai mainan, lukisan-lukisan kota London, dan beberapa gambar berisi cuplikan beberapa tokoh populer.

Masih belumlah cukup? Coba singgah sesaat ke Moomin Shop dan berpose di tokonya yang memiliki desain unik. Untuk beberapa tea individu, kamu dapat melihat bermacam tipe teh di Wittard. Harga cukup dapat dijangkau, seputar £5-20.

Kecuali restaurant, café, bar, dan pasar, Covent Garden dikitari banyak teater, dimulai dari Cambridge Theatre, Savoy Theatre, sampai Royal Drama House yang terkenal.

Bukan hanya itu, untuk kamu yang suka berkunjung museum, pada bagian belakang Covent Garden ada London Transport Museum dan London Film Museum yang sama-sama berdekatan. Harga ticket masuknya sekitar di antara £15-20. Alamat: The Pasar Building, Covent Garden Piazza, London.

3. Camden Market

Market satu ini berada di Camden Town, pusatnya oleh-olehan di kota London. Semenjak keluar dari underground, kamu bisa berkunjung beberapa toko cenderamata yang berada di sejauh kiri dan kanan jalan. Wilayah ini dihias banyak grafiti-grafiti bagus dan instagramable.

Kelak kamu akan mendapati sebuah jalan kecil yang dilewati beberapa orang, disanalah posisi Camden Pasar. Untuk kamu beberapa maniak dan pemburu buku-buku lama, dapat segera melipir sesaat ke beberapa toko buku sisa.

Di depannya, terhampar halaman luas berisi barisan stan-stan makanan, dimulai dari makanan Meksiko, Kolombia, Venezuela, India, terhitung makanan Indonesia. Bermacam oleh-olehan dapat kamu beli ke Lower Pasar Hall. Mereka jual bermacam aksesori dan perhiasan bikinan tangan seperti kalung, cincin, dan gelang.

4. Bonus: Itsu dan Wasabi

Sebagai orang Indonesia tulen, pasti belum komplet dan mengenyangkan jika makan tanpa makanan dasar kita, yakni nasi. Tetapi tenang, kamu dapat memperolehnya pada harga dapat dijangkau di restaurant-restoran Jepang siap sajian seperti Itsu dan Wasabi.

Paket chicken teriyaki atau beef teriyaki yang mereka jual sekitar di antara £4-8. Kecuali paket bento, mereka jual bermacam paket sushi yang dapat kamu tentukan sendiri. Itsu dapat kamu dapatkan diantaranya di terminal 5 Lapangan terbang Heathrow, Baker Street, dan Camden Town, sedang Wasabi diantaranya di teritori Canary Wharf, Camden, dan Paddington Station.

5. Bonus: Wagamama

Salah satu restoran Jepang di London ini harus dikunjungi oleh kamu beberapa pencinta ramain dan makanan Jepang. Servicenya baik sekali dan cepat, bahkan juga salah satunya pramusaji di cabang Covent Garden sebagai orang Indonesia asli, lho. Signature dish-nya, sudah pasti Wagamama Ramain. Namun restaurant ini cukup kuras kantong, dengan range harga £15-25. Alamat: 17 Bedford St, Covent Garden, London.

Tinggalkan komentar