Bergerak Bangkitkan Wisata Pasar Seni Guwang di Tengah Pandemi Covid-19

Diposting pada

Dosen Universitas Warmadewa, dr. Putu Indah Budiapsari, M.Si., bersama-sama dengan tim, melaksanakan pengabdian masyarakat yang menyasar kelompok pedagang Pasar Seni Guwang

GIANYAR – Pandemi Covid-19 menjadi sebuah pelajaran berharga bagi dunia. Termasuk pula Bali, yang selama ini mengandalkan sektor pariwisata.

Pembatasan sosial berskala besar, adalah hal yang terpaksa dilakukan guna menghambat penyebaran virus Corona. Baik itu yang sifatnya antar provinsi ataupun negara.

Karena itulah, pariwisata ikut menjadi sektor yang sangat terdampak. Angka kunjungan wisatawan turun drastis, dan mempengaruhi perekonomian masyarakat Bali.

Para pedagang Pasar Seni Guwang, adalah salah satu pelaku industri yang merasakan dampaknya. Sejak pandemi Covid-19, jumlah wisatawan yang berkunjung ke pasar seni di wilayah Kabupaten Gianyar tersebut terjun bebas. Walhasil, kondisi itu mengakibatkan turunnya pendapatan para pedagang.

Dosen Universitas Warmadewa, dr. Putu Indah Budiapsari, M.Si

Hal itulah yang kemudian mendasari Dosen Universitas Warmadewa, dr. Putu Indah Budiapsari, M.Si., bersama-sama dengan tim, melaksanakan pengabdian masyarakat yang menyasar kelompok pedagang Pasar Seni Guwang. Yakni melalui peningkatan kapasitas pemanfaatan inovasi teknologi dalam pemasaran produk secara online.

“Kegiatan yang kami lakukan ini juga sekaligus melatih pada pedagang dalam mempergunakan aplikasi PeduliLindungi, untuk memastikan status vaksinasi. Hal tersebut sejalan dengan upaya mewujudkan wisata sehat dan diharapkan dapat menarik animo wisatawan untuk datang dan berbelanja di Pasar Seni Guwang,” ucapnya.

Untuk diketahui pula, dalam kegiatan tersebut juga digelar semacam Focus Group Dicussion (FGD) bersama Kepala Pasar. Melalui gelaran tersebut sekaligus diberikan edukasi cara cuci tangan yang baik dan benar, serta selalu mematuhi protokol kesehatan walau sudah menerima vaksinasi. (adi/jon)


Artikel ini bersumber dari : wartabalionline.com.

Baca Juga :   BI Jateng Kenalkan Aplikasi Jasirah Pendukung Wisata Syariah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *