Berkunjung ke Inggris, Rudi Paparkan Keunggulan Investasi di Batam ke Calon Investor Inggris

Diposting pada

Foto bersama saat Delegasi Dewan Kawasan Nasional berkunjung untuk promosi ke Inggris. (Foto: Humas BP Batam)

INGGRIS – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi mempromosikan keunggulan Batam sebagai tujuan nvestasi saat berkunjung ke Inggris, Selasa (4/10/2022).

Kunjungan pertama Rombongan Ketua BP Batam diawali pada Selasa, 4 Oktober 2022 di University of Nottingham.

Kunjungan Muhammad Rudi ke Inggris sebagai undangan dari Pemerintah Indonesia melalui Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang mengundang Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi untuk mengikuti serangkaian promosi investasi ke Inggris.

Pemerintah Inggris menyampaikan ketertarikannya untuk menjajaki peluang investasi sektor pendidikan di KEK Indonesia lalu mengundang secara khusus Pemerintah Indonesia untuk berbagi informasi perihal kebijakan utamanya investasi sektor pendidikan dan perguruan tinggi di KEK Indonesia. KEK menjadi akselerasi pemerintah untuk menarik minat investasi asing.

Juru bicara Delegasi Indonesia, Deputi Sekretaris Kabinet Bidang Perekonomian Satya Bhakti Parikesit menyampaikan BP Batam menjadwalkan mengunjungi beberapa Universitas di Inggris sebagai rangkaian promosi investasi dari Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus.

“BP Batam mengundang beberapa Universitas di Inggris termasuk Nottingham University, untuk mendirikan Universitas di Kawasan Ekonomi Khusus,” kata Satya.

Sementara, Muhammad Rudi menerangkan, Batam saat ini sedang dikembangkan sebagai hub logistik internasional, industri kedirgantaraan, industri light and valuable, industri digital dan kreatif, international trade and finance center dan integrated health tourism.

“Batam kota industri dan jasa yang lokasinya berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. Untuk meningkatkan daya saing Batam, dibutuhkan SDM yang berkualitas.

Muhammad Rudi mengundang Universitas-universitas Internasional untuk membuka Universitas di Kawasan Ekonomi Khusus di Batam, yang pasarnya tidak hanya Batam, tapi seluruh Indonesia dan kawasan regional ASEAN.

Associate Director of Global Engagement, University of Nottingham David Ouchterlonie menyambut baik kunjungan pemerintah Indonesia. Ia, menyampaikan bahwa Keberadaan Universitas Nottingham banyak memberi manfaat ekonomi dan lapangan kerja bagi Inggris.

Baca Juga :   Gubernur Koster-Menaker Komit Sukseskan '4th EWG'

Disebutkan, University of Nottingham adalah penyumbang terbesar ke enam penciptaan lapangan kerja di Kota Nottingham. Menyumbang 838 juta pounsterling terhadap PDB Inggris dimana 700 juta pounsterling diantaranya untuk PDRB Kota Nottingham.

Nottingham University juga menciptakan 18.417 pekerjaan di seluruh Inggris dan 8.000 diantaranya untuk Kota Nottingham. Setiap tahun Nottingham University juga menarik 31.500 pengunjung untuk datang ke Nottingham setiap tahun.

“Kehadiran mahasiswa Internasional yang kuliah di Nottingham University setiap tahunnya menyumbang 106.3 juta poundsterling per tahun untuk PDRB Inggris,” sebut David.

Dalam kesempatan itu juga, Muhammad Rudi sempat mempromosikan Batik Batam Marlin sebagai cinderamata dari daerah Kepulauan Riau.

Namun uniknya, David Ouchterlonie yang juga selaku pimpinan pertemuan ternyata juga mengenakan dasi bermotif batik Indonesia. Hal itu menurut Muhammad Rudi menunjukkan, bahwa batik sudah cukup familiar di Nottingham.

“Semoga kehadiran kami di sini akan memberi dampak pada ekonomi, penciptaan lapangan kerja dan transfer knowledge terhadap pendidikan tinggi di Batam,” harap Muhammad Rudi. (*/tnt)

Artikel ini bersumber dari : keprinews.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *