Berlibur di Yogyakarta, Jangan Lewatkan Kuliner Khas Gudeg hingga Kopi Joss

Diposting pada

JAKARTA, iNews.id – Berkunjung ke Yogyakarta tidak lengkap jika belum mencicipi aneka kuliner. Banyak kuliner khas yang ditawarkan kepada pengunjung dengan sajian yang menggugah selera. 

Aneka kuliner ini cocok untuk dinikmati sembari bersantai menikmati suasana Yogya. Penasaran apa saja kuliner tersebut? Berikut ulasannya dirangkum pada Minggu (4/9/2022).

1. Gudeg Bromo dan Gudeg Yu Djum

Yogyakarta selain dikenal sebagai Kota Wisata, juga dikenal sebagai Kota Gudeg. Bagaimana tidak, di kota ini pengunjung dapat menemukan kuliner gudeg dengan mudah. Dapat dikatakan, di setiap sudut Yogya, pasti ada kuliner gudeg.

Gudeg adalah hidangan makanan yang terbuat dari olahan nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan. Cita rasa dari gudeg ini cukup unik dan identik dengan rasa manisnya. Ada satu gudeg legendaris di Yogyakarta yang dapat dipilih untuk dinikmati, yaitu Gudeg Yu Djum. Gudeg legendaris Yu Djum ini sudah berdiri sejak 1950. Hingga saat ini mereka masih mempertahankan keaslian resep dan mutu dari setiap bahan pengolahan gudeg. Adapun letak kuliner gudeg Yu Djum berada di Jalan Wijilan No.167, Panembahan, Kecamatan Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain Gudeg Yu Djum, ada gudeg lain yang tidak kalah menarik untuk dicicipi. Bagi pengunjung yang ingin mencoba rasa Gudeg yang tidak seperti biasanya, Gudeg Bromo dapat menjadi pilihan. Berbeda dengan gudeg Yogyakarta pada umumnya yang terkenal dengan rasa manisnya, Gudeg Bromo menyajikan rasa gudeg yang pedas. Selain gudeg, pengunjung dapat memiliki ayam dengan tingkat kepedasan sesuai selera di Gudeg Bromo. Saking terkenal akan kelezatannya, tidak jarang Gudeg Bromo dipenuhi oleh pengunjung yang ingin menyantap gudeg sambil menikmati suasana Jogja. Lokasi gudeg ini berada di Jalan Affandi No 2-A jam dan buka dari 11 malam hingga 5 pagi.

Baca Juga :   TWC Prambanan: Peningkatan Kunjungan Wisatawan Belum Optimal

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel:


Artikel ini bersumber dari : yogya.inews.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *