Camilan Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba

Diposting pada

BANGKA Belitung, siapa tak mau ke sini? Sejak kemunculan bentang alamnya dipromosikan oleh Film Laskar Pelangi pada 2008, Babel menjadi salah satu daerah tujuan wisata populer di Indonesia. Pantainya indah, alamnya menggugah.

Bukan itu saja yang dimiliki Babel. Wilayah ini juga punya sederet kuliner lezat, loh. Mulai dari makanan berat seperti ikan lempah kuning sampai ke camilan dan jajanan pasar.

Biasanya camilan ini berbentuk snack dan kue. Orang sering menjadikannya sebagai oleh-oleh saat sedang berwisata ke sana. Sebab, rasanya tidak afdol kalau keliling pulau Bangka dan Belitung tanpa mencicipi jajanan khasnya. Belum ke Babel kalau enggak sempat icip-icip jajanan khasnya. Nah ini beberapa rekomendasi camilan khas Bangka Belitung yang wajib kamu coba. Rasanya dari asin hingga manis.

Baca juga:

Perang Ketupat di Bangka Belitung, Tradisi Pengusir Bala

camilan khas bangka belitung
Kempelang adalah camilan berbahan dasar ikan dan tepung terigu yang kemudian digoreng dengan bentuk pipih. (Foto: Instagram/@Clarasculinary)

1. Kempelang

Kempelang adalah salah satu makanan khas Bangka Belitung yang paling terkenal. Ia berbentuk pipih seperti piringan. Kempelang terbuat dari campuran daging ikan dan tepung tapioka yang kemudian digoreng. Biasanya kempelang dimakan bersama dengan cocolan sambal terasi.

2. Getas

Getas juga camilan yang terbuat dari ikan dan dipadukan dengan sagu. Warnanya putih kecokelatan. Bentuknya bisa bulat seperti bola, bisa juga sedikit memanjang seperti tabung. Getas cocok dijadikan camilan kala bersantai atau lauk untuk makanan berkuah seperti mie.

3. Kericu

Warnanya sekilas mirip getas. Namun, kericu terbuat dari campuran cumi-cumi, sagu, dan telur. Bentuknya memanjang dengan kedua ujung yang meruncing. Camilan yang digoreng ini punya rasa yang gurih dan cocok disantap sebagai camilan saat jalan-jalan atau menonton.

Baca Juga :   Mengenang perjuangan menuju kemerdekaan di Gedung Joang '45

4. Sambelingkung

Sambelingkung adalah makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari ikan tenggiri. Sekilas bentuk dan warnanya seperti abon. Namun, sambelingkung punya cita rasa yang lebih asin dan gurih. Biasanya cocok dijadikan topping sajian nasi atau isian roti.


Baca juga:

Berencana Liburan ke Bangka Belitung? Nih 4 Spot Snorkeling Terbaik

camilan khas bangka
Bong li piang adalah kue khas Bangka Belitung yang merupakan akulturasi antara budaya tionghoa dan melayu. (Foto: Instagram/@Novipurfrida)

5. Bong Li Piang

Bong li piang adalah kue asli Bangka Belitung. Ia merupakan akulturasi dari budaya Tiongkok dan Melayu, loh. Kue ini berbentuk agak pipih, terbuat dari tepung terigu, gula aren, dan isian nanas. Rasanya yang manis dan asam sekaligus menjadi daya tarik tersendiri.

6. Kue Rintak

Kue rintak berbentuk seperti bunga dengan taburan biji wijen di atasnya. Kue ini terbuat dari adonan sagu dan santan kelapa ini kemudian digoreng hingga kecokelatan. Kue rintak punya cita rasa manis, asin, dan gurih sekaligus. Biasanya kue ini disajikan saat sedang mengobrol atau di hari raya.

7. Lempok Cempedak

Lempok cempedak adalah dodol khas Bangka Belitung yang terbuat dari buah cempedak, gula pasir, dan garam. Adonan ini kemudian dibuat memanjang dan dipotong kecil-kecil. Lempok cempedak punya rasa yang manis legit dan kenyal. (mcl)

Baca juga:

Lempah Darat, Menu Serbasayuran dari Bangka Belitung


Artikel ini bersumber dari : merahputih.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *