Candi Joglo, Renaissance Di Bumi Grobogan

Diposting pada

Candi Joglo bisa dibilang sebagai wisata Purwodadi terbaru. Meskipun keberadaanya sudah ada sejak lama, tetapi dibuka secara resmi untuk umum baru berjalan sekitar 2 tahunan.

Candi Joglo menjadi wisata Grobogan yang inspiratif, dan edukatif. Hal tersebut dikarenakan spirit pembangunan, dan penataannya merujuk kepada kebangkitan, dan kesadaran atas sejarah, dan budaya para leluhur.

candi joglo
candi joglo. google maps. sumber: Rob

simak juga: wisata tengah sawah

Tentu saja spirit tersebut harus mendapatkan apresiasi dari semua pihak. Sejarah dunia telah mencatat bahwa semangat kesadaran akan sejarah, dan budaya, akan menghadirkan sebuah peradaban yang maju.

Di Eropa kita pernah mengenal dengan gerakan Renaissance. Inti dari gerakan tersebut adalah mengenal jatidiri sebuah peradaban. Dan hasilnya, kita bisa melihat kemajuan peradaban Eropa.

Oleh karena itu, kunjungan wisata ke Candi Joglo Grobogan bisa menjadi pilihan di akhir pekan ini. Tenang saja, penataanya juga sudah menyesuaikan dengan trend wisata kekinian kok….

Lokasi Candi Joglo

  • Lokasi Candi Joglo terletak di Sebelah Selatan Simpang Lima Purwodadi.
  • Alamat Candi Joglo berada di Dukuh Sukoharjo, Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.
joglo semar
joglo semar. google maps. sumber: Rob

simak juga: geo park karangsari

Rute Menuju Candi Joglo

Candi Joglo atau disebut juga dengan nama Candi Semar lokasinya cukup strategis, karena tidak jauh dari pusat kota. Jarak dari Alun – Alun Purwodadi hanya sekitar 5 kilometer saja.

Adapun waktu tempuhnya sekitar 10 – 15 menitan dengan menggunakan mobil. Kondisi jalannya juga bagus, dan bisa diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Baca Juga :   BSX Lampung Beri Buku Bacaan Untuk Anak dan Tanam Pohon Cerita

Harga Tiket Masuk Candi Joglo

  • Tiket masuk Candi Joglo Purwodadi Rp. 20.000 per orang.
  • Harga tiket tersebut sudah termasuk sewa kain, dan paket foto, dan cetak.

Jam Buka Candi Joglo

  • Wisata Candi Joglo Purwodadi Grobogan buka dari pukul 08.00 – 21.00.
  • Wisata Candi Joglo Purwodadi Grobogan beroperasional setiap hari.
hunting foto yuk
hunting foto yuk. google maps. sumber: YK Channel

simak juga: de bale cingkrong

Fasilitas Di Candi Joglo

Fasilitas wisata di Candi Joglo Purwodadi adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Paket foto,
  • Warung,
  • Tempat pagelaran,
  • Joglo Semar,
  • Candi, atau pura.
  • Tempat duduk yang nyaman,
  • Gazebo.

Daya Tarik Candi Joglo

1. Wisata Edukatif Dan Inspiratif

Sepertinya tidak berlebihan jika penulis mengatakan bahwa kehadiran Candi Joglo menjadi sebuah penegasan spirit renaissance di bumi Grobogan.

Perlu diketahui bahwa dahulu Kabupaten Grobogan diduga menjadi cikal bakal terbentuknya kerajaan – kerajaan yang ada di tanah jawa, hingga nusantara.

wisata edukasi
wisata edukasi. google maps. sumber: JAYUS GAC.MARGASARI

simak juga: master park

Semangat kejayaan tersebutlah yang ingin dihadirkan, dan ditransformasikan kepada para pengunjung. Termasuk rasa kebanggaan terhadap nilai – nilai budaya.

Setiap bentuk bangunan juga memiliki nilai filosofis yang memiliki arti tersendiri. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan seni tari, dan seni budaya lainnya.

Di kawasan Candi Joglo Purwodadi juga terdapat sebuah tempat yang bernama Sanggar Seni dan Budaya Candi Joglo Semar. Tempat tersebut menghadirkan beragam peninggalan sejarah, dan budaya, termasuk uang yang pernah digunakan di jaman dahulu.

2. Wisata Alam Instagramable Citarasa Bali

Candi Joglo atau candi Semar Grobogan juga populer sebagai tempat wisata Purwodadi, namun memiliki citarasa ala Pulau Dewata, atau Bali.

Hal tersebut bisa terlihat dari beragam ornamen bangunan utama pura, atau candi, ornamen pendukung, hingga fasilitas penyewaan kain atau pakaian khas Bali.

Baca Juga :   Belajar dari Kamsini, Lansia Solo yang Hidup Sejahtera dari Perca Sejak 1982
vibesnya kayak di bali
vibesnya kayak di bali. google maps. sumber: Abi Khan

simak juga: water and snow gubug

Tidak berhenti sampai di situ saja, pihak pengelola juga menata objek wisata tersebut cocok dengan kebutuhan trend wisata kekinian dengan menghadirkan spot selfie.

Spot selfienya berupa candi, atau pura dengan latar view sawah dan pegunungan. Kemudian area di sekelilingnya dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman.

Artikel ini bersumber dari : www.nativeindonesia.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *