Candi Pawon, Candi Tersembunyi di Borobudur

Candi Pawon adalah salah satu candi yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Disebut tersembunyi karena lokasinya yang berada di tengah perkampungan warga, hingga kadang luput dari perhatian para wisatawan.

Padahal Candi Pawon recommended untuk dikunjungi, mengeksplor candi-candi peninggalan masa klasik di Tuin Van Java ini harus banget.

Apalagi Candi Pawon memiliki relief dengan pahatan yang sama seperti Candi Borobudur, hingga dipercaya merupakan bagian dari Candi Borobudur.

candi pawon. google maps. sumber: Andi Dirga Putra

simak juga: hutan pinus kragilan

Waktu yang cocok untuk berkunjung ke Candi Pawon ini adalah pagi atau sore hari, agar kamu bisa leluasa mengeksplor keindahan candi ini tanpa kepanasan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Lokasi Candi Pawon

Alamat atau lokasi Candi Pawon berada di  Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Rute Menuju Candi Pawon

Rute menuju Candi Pawon dari Alun-alun Kota Magelang cukup mudah untuk dilalui baik dengan kendaraan roda dua atau empat.

Kamu hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 27 menit perjalanan dengan jarak tempuh 15,8 km jika berangkat dari pusat kota.

Rute tercepat untuk sampai ke Candi Pawon bisa kamu lalui dengan mengarahkan kendaraanmu ke arah timur di Jalan Alun-Alun Utara menuju Jalan Ahmad Yani.

Setelah itu, masuklah ke Jalan Magelang – Yogyakarta dan Jalan Soekarno Hatta ke Candi Pawon di Dusun 1. Tetap di Jalan Candi Pawon untuk segera sampai di lokasi tujuan kamu.

lokasi candi pawon
lokasi candi pawon. google maps. sumber: PP Fiska Pramaningrum

simak juga: svargabumi borobudur

Jam Buka Candi Pawon

  • Candi Pawon beroperasi hari Selasa sampai dengan Minggu (Hari Senin tutup).
  • Jam buka Candi Pawon pukul 07.00 sampai 16.00 WIB.

Harga Tiket Candi Pawon

  • Harga tiket masuk Candi Pawon Rp. 20.000,- per orang.
  • Harga parkir kendaraan roda dua Rp. 2.000,-
  • Kendaraan roda empat Rp. 5.000,-

Fasilitas Candi Pawon

Fasilitas wisata yang bisa kamu jumpai di Candi Pawon diantaranya:

  • Toilet,
  • Tour Guide,
  • Home Stay,
  • Toko Souvenir,
  • Area Parkir Kendaraan,
  • Kedai Makanan.
spot wisata kopi
spot wisata kopi. google maps. sumber: Ajie Prana

simak juga: taman badaan

Daya Tarik Candi Pawon

1. Sejarah Candi Pawon Magelang

Candi yang berbentuk persegi ini didirikan pada abad ke-8 masehi, proses pembangunannya bersamaan dengan Candi Borobudur.

Penyematan nama ‘Pawon’ pada candi ini mengandung arti ‘dapur’. Masyarakat setempat mempercayai bahwa dulunya fungsi Candi Pawon ini merupakan dapur, sebagai tempat makan atau tempat istirahat para bangsawan kerajaan sebelum bertolak ke Candi Borobudur atau Candi Mendut.

Selain itu, sebagian keterangan menyebutkan bahwa Candi Pawon ini tempat penyimpanan abu Raja Indra (782 – 812 M) yang merupakan ayah Raja Samarrattungga dari Dinasti Syailendra.

Di dalam candi ini terdapat Arca Bodhhisattva sebagai bentuk penghormatan kepada Raja Indra yang telah mendapatkan Bodhhisattva.

Memiliki relief yang serupa dengan Candi Borobudur, membuat para ahli berpendapat bahwa Candi Pawon ini merupakan pintu gerbang menuju Candi Borobudur yang berfungsi untuk membersihkan lahir batin dari hal-hal tidak baik.

hunting oleh oleh
hunting oleh oleh. google maps. sumber: しはんチャンネル

simak juga: silancur highland

2. Home Stay dengan Gaya Arsitektur Unik

Bagi kamu yang mencari Home Stay dengan nuansa alami pedesaan dan dekat dengan area wisata bersejarah yang ada di Magelang, tentu Home Stay area Candi Pawon inilah jawabannya.

Di sekeliling Candi Pawon terdapat banyak Home Stay dengan arsitektur Rumah Joglo yang kental dengan nuansa Jawa-nya.

Home Stay ini sangat terjaga kebersihannya, tak jarang para wisatawan yang sedang berada di Candi Borobudur juga turut memburu Home Stay yang ada di area Candi Pawon ini.

Daya tawar lain saat wisatawan memilih Home Stay di Candi Pawon ini ialah harga makanan yang ada di warung wisata sekitarnya murah meriah. Paket lengkap banget ya, apalagi untuk kamu yang backpaker-an.

3. Main Scooter Keliling Candi Pawon

Scooter atau Otoped disewakan pihak pengelola untuk menambah keseruanmu saat menghabiskan waktu di Candi Pawon. Hanya dengan mengeluarkan budget 15 ribu kamu bisa puas berkeliling menggunakan Scooter.

main skuter yuk
main skuter yuk. google maps. sumber: Nonnadewi

simak juga: mangli sky view

4. Belanja Pernak-pernik Khas Magelang

Sempatkan untuk membeli pernak-pernik khas Magelang yang dijual di toko-toko souvenir yang ada di kawasan Candi Pawon.

Kamu bisa membeli pernak pernik berupa gantungan kunci, hiasan rumah, pakaian, yang tentunya tidak dapat kamu jumpai di daerah lain.

Penutup

Itulah ulasan lengkap yang bisa menjadi referensimu saat ingin berkunjung ke Candi Pawon.

Selamat liburan sobie!

Artikel ini bersumber dari : www.nativeindonesia.com.

Tinggalkan komentar