Cara Membuat Lemper Tak Mudah Basi, Simak Fakta Menariknya

Diposting pada

IntipSeleb Gaya Hidup – Cara membuat lemper ternyata tak terlalu sulit lho. Lemper merupakan salah satu jajanan tradisional yang masih lestari hingga sekarang. Rasanya yang lezat dan menyenyangkan, sering kali membuat lemper jadi makanan pengganjal perut yang sedang lapar.

Pada dasarnya, lemper merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari ketan. Di bagian tengahnya, bisanya diisi dengan abun atau suwiran daging ayam. Sebagai pembungkusnya digunakan daun pisang sehingga aroma sedapnya semakin terasa.

Di beberapa daerah, lemper banyak disajikan saat ada acara-acara tertentu, misalnya saja pengajian, pernikahan hingga acara adat. Namun, jika anda ingin makan lemper, anda juga bisa mecarinya di pasar subuh. Biasanya lemper banyak dijajakan bersama dengan kue basah lainnya.

Jika anda penasaran dan ingin mencoba membuat lemper sendiri di rumah, anda juga bisa loh. Cara membuat lemper pada dasarnya mudah, dengan bahan utama beras ketan dan isiannya bisa disesuaikan dengan selera.

Penasaran dengan cara membuat lemper? Berikut ini akan kami sajikan sederet resep sekaligus cara membuat lemper yang mudah untuk anda.

1. Resep lemper ketan isi ayam

YouTube/Dapur Ibu Waliyah

Foto : YouTube/Dapur Ibu Waliyah

Bahan-bahan

– 500 gram beras ketan

– 200-300.ml santan/secukupnya

– 300-400gr ayam tanpa tulang (telah dikukus dan disuwir)

– 3 lembar daun salam

– 2 batang serai

– 1/4 sdt garam

– Daun pisang sesuai selera.

– Tusuk gigi / steples

Bahan isian

– 3 kacang hazel

– 300 ml santan

– 1/4 sdt garam

– 1/4 sdt kaldu bubuk

– 1/4 sdt merica

– 1 sdm gula putih

Bumbu halus

– 3 butir kemiri

– 3 siung bawang putih

– 5 bawang merah

Cara membuat lemper:

1. Langkah pertama adalah panaskan air hingga mendidih untuk kukusan. Sementara itu, anda bisa mulai memasak isiannya terlebih dahulu. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tumis hingga harum. Tips agar isian lemper awet lama, tumis bumbu hingga benar-benar matang.

2. Setelah itu masukkan santan, garam, gula, lada bubuk, aduk dan juga kaldu ayam bubuk. Aduk-aduk hinga merata.

3. Kemudian masukkan ayam yang telah dikukus dan disuwir. Aduk-aduk hingga semua bumbu merata. Setalah bumbu meresap dan kering, matikan kompor dan pindahkan ke wadah (pastikan wadah tidak basah agar tidak cepat basi).

Baca Juga :   Rekomendasi Wisata Jogja yang Cocok untuk Kamu yang Gemar Jalan-jalan di Malam Hari!

4. Sementara itu setelah air mendidih, kukus beras ketan selama kurang lebih 20 menit atau setengah matang.

5. Sembari menunggu kukusan, masak 300 ml santan kemudian tambahkan daun salam dan serai, tambahkan pula garam. Aduk-aduk hingga mendidih.

6. Setelah beras ketan matang, angkat dan pindahkan ke wadah. Masih dalam keadaan panas, tuang pula air rebusan santan yang telah dimasak sebelumnya (kondisi panas). Lalu aduk agar santan meresap ke ketan.

7. Setelah santan meresap, kukus kembali ketan yang telah tercampur santan. Masak selama kurang lebih 1 jam.

8. Kemudian, mulai bentuk adonan lemper. Ambil sedikit bagian ketan, pipihkan kemudian ditambahkan isian ayam yang telah ditumis sebelumnya (usahakan tangan jangan menyentuh makanan). Bungkus lemper dengan daun pisang.

9. Lemper siap disajikan

(Sumber resep cara membuat lemper YouTube Dapur Ibu Waliyah)

2. Resep lemper pulen isi ayam

YouTube/Rhe

Foto : YouTube/Rhe

Bahan-bahan

Bahan Isian :

– 1800 gr fillet dada ayam (telah dikukus dan disuwir)

– 500 ml santan

– 11 butir bawang merah

– 8 butir bawang putih

– 6 butir kemiri

– 2 sdm ketumbar

– 2 batang serai

– 3 lembar daun salam

– 1 sdt garam

– 1 1/2 sdt kaldu ayam bubuk

– 4 adm gula pasir

– 2 sachet lada bubuk

Bahan Lemper:

– 5 liter beras ketan

– 2 1/2 liter santan

– 3 batang serai

– 4 lembar daun salam

– 3 sdm garam

Cara membuat lemper

1. Langkah pertama haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri dan ketumbar. Selanjutnya tumis dengan api sedang. Tambahkan batang serai dan daun salam. Tumis hingga harum dan matang.

2. Selanjutnya tambahkan, garam, gula, kaldu bubuk dan juga lada bubuk. Kemudian diaduk rata. Barulah ditambahkan 500 ml santan. Aduk dan masak hingga santan mendidih.

3. Setelah mendidih, tambahkan ayam yang telah disuwir, diaduk hingga semua bumbunya tercampur rata. Masak hingga bumbu meresap dan tekstur ayam mengering.

4. Sementara itu, kukus beras ketan yang telah dicuci bersih selama kurang lebih 20 menit.

5. Sembari menunggu beras ketan matang, siapkan 2500 ml santan, campurkan dengan 3 batang serai, daun salam dan garam. Masak santan sambil terus diaduk hingga mendidih.

Baca Juga :   SMK Negeri 1 Pabelan Menjadi  Tuan Rumah Porsengukar  SMK Se-Kabupaten Semarang 2022 | Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia

6. Setelah ketan matang, angkat dan pindahkan ke wadah. Masih dalam keadaan panas dan santan yang mendidih, langsung campurkan keduanya. Diaduk-aduk hingga santan bercampur ke beras ketan.

7. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit agar ketan mengembang dan santan menyerap.

8. Barulah setelah itu kukus kembali ketan yang telah dicampur santan selama kurang lebih 1 jam.

9. Setelah matang, keluarkan dan pindahkan ke wadah. Biarkan hingga hangat.

10. Barulah bentuk adonan lemper. Ambil sedikit ketan, bentuk agak lonjong kemudian pipihkan. Tambahkan isian ayam suwir yang telah dibuat sebelumnya.

11. Bentuk lemper sesuai selera dan bungkus dengan menggunakan daun pisang. Lakukan hingga selesai dan lemper siap disajikan.

(Sumber resep cara membuat lemper YouTube Rhe’s Kitchen)

Instagram/@yurika_4569

Foto : Instagram/@yurika_4569

Setelah mengetahui resep cara membuat lemper, Tim IntipSeleb juga ingin membagikan informasi menarik nih tentang lemper. Tahukah anda ternyata lemper memiliki filosofi tersendiri loh. Hal ini berasal dari kalimat Bahasa Jawa yakni ‘Yen dilem, ojo memper’.

Jika diartikan, ‘Yen dilem’ itu bermakna bila disanjung, sedangkan ‘ojo memper’ berarti jangan takabur. Filosofi ini mengingatkan kita agar tetap rendah hati bilamana mendapat sanjungan. Kemudian untuk asal muasal lemper sendiri tak bisa dikemukakan secara jelas asal dan siapa penciptanya.

Namun, lemper memang lekat dengan masyarakat Jawa, khususnya daerah Jawa Tengah, Yogyakarta hingga Jawa Timur. Konon, karena dahulu harga daging terbilang mahal, isian lemper tak diisi ayam lho. Melainkan kelapa parut yang telah dibumbui. Barulah setelah berkembangnya zaman, isian lemper mulai memiliki variasi, bisa daging ayam, sapi hingga ikan.

Demikian adalah beberapa resep cara membuat lemper yang mudah serta informasi menarik dari lemper. Jika ingin melihat resep lengkapnya bisa kunjungi langsung sumber resep yang telah dicantumkan di atas. Jika tak ada ayam, anda juga bisa menggantinya dengan isian lain salah satunya adalah abon.

Menggunakan abon juga jauh lebih praktis karena setelah memasak ketannya, bisa langsung dimasukkan abon, jadi tak perlu dimasak kembali. Akhir kata semoga artikel timeless terkait cara membuat lemper ini dapat bermanfaat bagi anda dan jangan lupa recook! (nes)

Artikel ini bersumber dari : www.intipseleb.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *