8 Cara Mengurus Akun Instagram untuk Usaha Kulineran

Diposting pada

travelling.web.id – Jaman saat ini kelihatannya harus mempunyai Akun Instagram untuk semuanya usaha, khususnya usaha kulineran. Banyak anak muda yang cari info mengenai usaha itu melalui Instagram hingga Akun Instagram usaha kulineran sebaiknya informatif sekalian menarik. Bukan hanya menjelaskan menu dan produk saja, Akun itu harus sanggup membuat beberapa orang berminat untuk tiba dan bertandang.

Cara Mengurus Akun Instagram untuk Usaha Kulineran

Cara Mengurus Akun Instagram untuk Usaha Kulineran
Cara Mengurus Akun Instagram untuk Usaha Kulineran

Kebingungan bagaimanakah cara mengurus Akun instagram untuk usaha kulineran? Yok, baca 8 Cara gampang berikut!

1. Tambah info komplet

Tidak sekedar hanya punyai Akun Instagram saja, tetapi Akun itu harus informatif. Calon pengunjung tidak tertarik bila menyaksikan Akun Instagram yang ‘kosong’ . Maka, untuk Cara pertama, tuliskanlah info yang terang mengenai usaha kulineran yang kamu punyai. Info itu mencakup nama kulineran atau restaurant, lokasi restaurant, jam membuka, menu yang dijajakan dan contact yang dapat dikontak.

Karena ada info yang terang, pengunjung tak perlu susah-payah kembali cari atau harus bertanya info dasar ke admin Instagram. Akan lebih bagus bila lokasi restaurant dibarengi dengan link Google Maps, begitu halnya contact, langsung bisa link ke WhatsApp. Untuk menu, dapat diupload lewat feed atau story Instagram.

2. Posting feed dan story Instagram tiap hari

Sedapat mungkin, upload content di Akun Instagram minimum 1 content setiap hari. Maksudnya supaya profile Instagram ‘naik’ dan dilirik oleh pemakai Instagram yang lain. Bila Akun Instagram yang diatur kekurangan content dan jarang-jarang posting, bisa jadi Akun Instagram ‘tenggelam’ dan tidak bisa mencapai calon pengunjung.

Baca Juga :   Mengenal ragam kuliner khas Betawi

3. Posting photo makanan atau produk

Menyambung dari point 2, posting atau upload photo makanan ialah harus hukumnya. Bagaimana calon pengunjung tahu apakah yang dipasarkan bila tidak ada photo produk? Ditambah lagi, visual semakin lebih menarik dibanding tulisan. Oleh karenanya, coba untuk mengupload photo produk satu demi satu setiap hari. Yakinkan photo makanan yang di-posting bisa menguggah hasrat, ya!

Janganlah lupa saat mengupload photo di feed, tambahkan caption yang memikat. Buat supaya calon pengunjung ingin tahu dan ingin selekasnya mencicip produk yang dijajakan. Cara tambahan, selalu mengajak konsumen untuk berhubungan melalui kotak kometar.

4. Posting keunggulan usaha kulineran

Selainnya posting photo produk, admin atau pemilik Akun Instagram dapat mengupload keunggulan usaha kulineran. Ini mempunyai tujuan supaya feed Instagram bervariatif, tidak terus-terusan masalah produk makanan. Bila usaha kulineran mempunyai keunggulan di lokasi yang Instagrammable, coba hadirkan lewat photo. Begitupun, bila restaurant itu sedang beramai-ramainya, tangkap peristiwa itu dan upload photo di situs Instagram.

Tidak selalu harus di feed Instagram, juga bisa mengupload kelebihan produk dan usaha kulineran lewat story Instagram. Umumnya semakin lebih banyak yang tertarik sesudah menyaksikan beberapa story yang memikat pada usaha kulineran itu.

5. Repost penting tetapi tidak selamanya

Sesudah restaurant atau usaha kulineran mulai dikenali, umumnya ada banyak konsumen yang mengupload photo produk atau photo situasi saat ada di restaurant itu. Karena itu, admin Instagram dapat me-repost story untuk diperlihatkan di story Akun Instagram usaha kulineran.

Tetapi, tidak berarti tiap konsumen me-tag atau mengupload photo harus di-repost terus-terusan. Ini malah akan membuat jemu follower Instagram. Seharusnya cukup beberapa saja yang di-repost dan janganlah lupa untuk mengucapkan terima kasih ke konsumen karena sudah bertandang.

6. Admin ramah yang fast response

Tidak ada fungsinya bila Akun Instagram rapi dan estetis, tetapi tidak berhubungan dengan follower atau customer-nya. Oleh karenanya, sedapat mungkin admin Instagram sebaiknya fast response dan ramah ke konsumen. Beberapa orang akan condong lebih suka bila pesan mereka cepat dibalas.

Baca Juga :   Aneka Seafood di Pantai Gading Lombok, Ikannya Segar

Menyambung dari point 5, janganlah lupa untuk berterima kasih ke tiap konsumen yang up-date di Instagram mereka saat beli atau berkunjung restaurant. Tidak boleh enggan-segan untuk membuat pembicaraan dengan konsumen. Dengan itu, konsumen semakin lebih berasa dekat dan tertarik sama merek kulineran.

7. Owner atau pemilik Instagram ada kadang-kadang

Terkadang ada banyak orang yang kepo, siapakah pemilik restaurant ini. Bila sudi, tidak ada kelirunya owner usaha ada dan menegur konsumen melalui Instagram. Tidak harus tiap hari, cukup 1-2 kali satu bulan. Owner dapat sampaikan informasi atau produk baru melalui video berdurasi singkat yang diupload lewat story atau feed Instagram.

Munculnya owner bisa meningkatkan keyakinan konsumen pada merek kulineran itu. Hal itu membuat konsumen berasa dekat sama merek kulineran ini karena telah menyaksikan siapa owner dari usaha ini.

8. Pasang iklan di Instagram Ads atau endorse food blogger

Tidak ada kelirunya kadang-kadang untuk menempatkan iklan merek kulineran melalui Instagram Ads. Dengan demikian, capaian Akun Instagram merek semakin lebih luas dan semakin banyak dikenali oleh calon pengunjung. Selainnya IG Ads, juga bisa berusaha untuk promo produk atau merek kulineran melalui food blogger. Tak perlu semua food blogger di-endorse. Mencari food bloggers atau selebgram yang sesuai style merek kulineran lalu sampaikanlah berkenaan content dan bujet yang dipunyai.

Beberapa tips di atas akan lebih bagus bila dilaksanakan secara stabil. Tidak ada fungsinya bila tidak tekun dalam mengurusi Akun Instagram, yang ada justru kehilangan konsumen setia. Ke-8 Cara di atas dikatakan oleh Budi Seputro, owner restaurant Sate Ratu yang hits di Jogja. Sate Ratu ini berada di Jalan Sidomukti, Tiyasan, Cenderung catur, Sleman, Yogyakarta.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *