Chef Vindex Tengker Bagikan Rahasia Kelezatan Krengsengan Khas Jawa Timur, Penasaran? : Okezone Lifestyle

Diposting pada

HIDANGAN Krengsengan sangat populer di Jawa Timur. Tapi, tahukah Anda bahwa masakan ini juga bisa dijumpai di Jawa Tengah?

Fakta menarik ini, disampaikan langsung oleh salah satu sosok chef senior dan papan atas Indonesia, Chef Vindex Tengker.

“Ya, krengsengan bisa ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Uniknya, dari dua lokasi itu, rasa dari krengsengannya berbeda satu sama lainnya,” kata Chef Vindex Tengker saat ditemui MNC Portal dalam acara Aussie Meat Battle di AEON Supermarket BSD, Tangerang, Selasa (23/8/2022).

Chef Vindex menjelaskan, perbedaan di antara keduanya ada di pemakaian bahan petis.

“Kalau krengsengan Jawa Tengah itu enggak pakai petis, nah kalau Jawa Timur pakai. Itu saja bedanya, sisanya semua bahan sama,” jelasnya.

Krengsengan awalnya menggunakan daging kambing. Itu kenapa menu ini kerap dijumpai di momen seperti Idul Adha. Tapi, krengsengan daging sapi pun sudah banyak beredar, tentu rasanya berbeda.

 

(Foto: MPI/Sukardi)

Nah, kalau bicara soal rahasia kelezatan di balik menu krengsengan khas Jawa Timur yang cukup populer tersebut Chef Vindex menyebutkan bukan hanya soal daging tapi juga komposisi takaran petis sebagai bumbu.

“Petis menjadi statement utama dari menu krengsengan. Ini yang bikin makanan tersebut rasanya sangat kaya, mulai dari manis dari kecap manis, pedas dari petis, dan gurih dari bumbu pelengkap lainnya,” papar Chef Vindex.

Tapi, soal jumlah petis yang dipakai, Chef Vindex menyarankan untuk cukup memakai dua sendok makan saja untuk satu porsi. Meski, selebihnya bisa disesuaikan sesuai selera lidah masing-masing.

Kemudian rahasia kedua yabng tidak kalah penting adalah penentuan penggunaan daging yang dipakai. Jika ingin menggunakan daging sapi, Chef Vindex menyarankan untuk pakai daging sapi Australia berkualitas premium seperti daging dari True Aussie Beef.

Baca Juga :   TBN Asia Bali Hybrid Conference 2022 Siap Digelar, Simak Deretan Social Enterprise yang Bakal Turut Hadir

“Kalau pakai daging yang berkualitas premium, mengolahnya lebih mudah dan rasa tentu lebih enak. Tapi, kalau mau pakai daging lokal juga tidak masalah, namun biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk daging empuk dan meresap bumbunya,” sarannya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kuahnya. Krengsengan punya kuah yang tidak terlalu encer dan ini penting untuk diperhatikan. Kuah dari krengsengan harus lebih susut sehingga rasanya lebih meresap.

Jika ingin ditambahkan sayuran, Chef Vindex merekomendasikan kol, wortel, maupun kentang. Pastikan setiap sayuran tersebut matang dan tetap ada rasanya, sehingga menjadi kesatuan yang nikmat.

 BACA JUGA:Potret Keseruan Aussie Meat Battle di AEON BSD, Chef Vindex Tengker Tantang Bikin Krengsengan Daging Sapi!

BACA JUGA:Chef Vindex Ungkap Alasan Senang Gunakan Daging Sapi dan Domba Khas Australia

Artikel ini bersumber dari : lifestyle.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *