Cinderamata Adalah? Pengertian dan Jenis Bahannya

Diposting pada

Cinderamata Adalah – Pulang dari liburan biasanya seseorang akan membawa berbagai macam oleh-oleh. Salah satunya adalah cinderamata. Apa itu cinderamata? Jadi cinderamata adalah barang yang bisa digunakan untuk oleh-oleh maupun kenang-kenangan

Cinderamata Adalah, Ini pengertiannya!

Cinderamata Adalah

Untuk lebih mengetahui apa itu cinderamata, berikut kita bahas beberapa pengertian cinderamata menurut ahli. Cinderamata adalah sebuah hadiah pemberian yang biasanya diberikan untuk kenang-kenangan maupun pengingat untuk suatu peristiwa, menurut Sugiyem., S.Pd.

Sedangkan menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, cinderamata merupakan barang yang diberikan sebagai pertanda atau tanda mata. Jadi dari 2 pengertian disini dapat disimpulkan bawa cinderamata merupakan suatu karya seni atau barang yang diberikan sebagai tanda kenang-kenangan.

Oleh karena itu, biasanya cinderamata ini banyak dijual di pusat-pusat wisata untuk dibawa pulang. Jenis bahan untuk membuat cinderamata juga beragam.

Fungsi Cinderamata Adalah

Selain sebagai tanda kenang-kenangan, ternyata terdapat 2 fungsi lain dari cinderamata. Apa itu? Berikut simak ulasannya.

1. Media Promosi dan Branding

Ternyata, cinderamata sendiri bisa digunakan sebagai media promosi dan branding untuk membangun sebuah ikon suatu daerah, tempat atau perusahaan. Contohnya cinderamata gelas, biasanya gelas di desain sedemikian rupa dengan tambahan tulisan untuk memberikan suatu ciri khas.

Contohnya sebuah gelas yang dicetak dengan gambar monas dan ondel-ondel, menggambarkan ikon dari Kota Jakarta. Jadi ketika ada wisatawan datang, pasti akan tertarik untuk membelinya sebagai kenang-kenangan.

2. Media Kampanye

Fungsi  kedua yaitu bisa dijadikan sebagai sebuah media kampanye. Disini kampanye yang dimaksud adalah kegiatan untuk mengajak masyarakat melakukan hal  positif. Bisa dalam sebuah kalimat ajakan atau peringatan.

Baca Juga :   BKD Selenggarakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Magang I, Praktik Lapangan II dan III IPDN Prov. Kalteng Tahun 2022

Contohnya adalah cinderamata gantungan kunci  bertuliskan “ Ayo jaga bumi”. Dimana kalimat tersebut merupakan sebuah kampanye untuk berbuat positif dengan lebih menjaga dan melestarikan bumi.

Jenis Bahan Pembuatan Cinderamata

Terdapat beberapa bahan yang banyak ditemukan untuk membuat cinderamata. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Bubur Kertas

Bahan atau material yang pertama adalah bubur kertas. Bubur kertas? Seperti apa itu? Jadi bubur kertas ini merupakan kertas y dihancurkan kemudian ditambahkan air. Kertas yang sudah dihancurkan dibentuk sedemikian rupa untuk dijadikan cinderamata.

Cinderamata yang terbuat dari bahan bubur kertas itu juga cukup banyak, seperti pigura, gantungan kunci, hiasan mini dan berbagai benda lainnya. Selain itu, bubur kertas juga memiliki harga relatif sangat murah.

2. Fiber

Fiber adalah salah satu bahan baku cinderamata yang relatif murah. Namun dalam proses pembuatan cinderamata menggunakan fiber cukup sulit dan membutuhkan keahlian khusus. Karena Anda tidak membuat cinderamata dengan bahan fiber dengan teknik mencetak.

Jadi benar-benar perlu keahlian untuk memperkiraan bahan yang dibutuhkan dan membentuknya. Contoh cinderamata yang terbuat dari fiber adalah patung, pigura dan tempat pensil.

3. Kayu

Bahan satu ini cukup sering dan mudah ditemui. Banyak cinderamata yang terbuat dari bahan dasar kayu. Karena memang kayu memiliki ketahanan dan cocok untuk dijadikan berbagai jenis cinderamata. Beberapa cinderamata yang terbuat dari kayu seperti patung, asbak, gantungan kunci dan alat makan.

Untuk menghasilkan cinderamata dengan permukaan yang mengkilap, Anda bisa menggunakan thinner atau cat kayu setelah proses pembentukan selesai.

Jadi itu dia sedikit informasi mengenai pengertian, fungsi dan jenis bahan cinderamata. Meski cinderamata memiliki beberapa pengertian, secara garis besar dapat diartikan sebagai barang yang diciptakan untuk kenang-kenangan.

Baca Juga :   Kabupaten Sukabumi Jadi Lokus Penelitian Pelatihan Kepemimpinan Nasional 2022
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *