Rekomendasi 6 Cinderamata Khas Jogja yang Unik

Diposting pada

Cinderamata Khas Jogja – Tidak afdol jika travelling tapi pulang tidak membawa cinderamata untuk oleh-oleh. Cinderamata sendiri juga memiliki karakteristik yang berbeda. Belum tentu cinderamata khas Jogja sama dengan cinderamata dari Bali.

6 Cinderamata Khas Jogja

Cinderamata Khas Jogja
Cinderamata Khas Jogja

Bagi yang akan atau sedang travelling di Jogja. Anda wajib banget untuk membeli salah satu cinderamata sebagai kenang-kenangan. Berikut beberapa rekomendasi cinderamata khas Jogja:

1. Kaos Dagadu

Rekomendasi yang pertama adalah kaos dagadu. Anda pasti pernah melihat tulisan Dagadu pada kaos atau cinderamata lainnya. Karena Dagadu adalah merk cinderamata asal Jogja yang sudah ngetop dan legend. Bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu ikon dari Jogja.

Arti Dagadu sendiri adalah “matamu”. Kata ini diambil dari slang masyarakat jogja. Produk satu ini bisa Anda temukan di toko aslinya yang bernama Dagadu Djokdja. Bisa Anda temui di Malioboro, Transmart, Alun-alun utara dan Jogja City Mall.

2. Batik

Siapa sih yang tidak tahu batik? Batik sendiri sudah menjadi ikon dan warisan Bangsa Indonesia. Terdapat beberapa batik yang ada di wilayah Indonesia. Serta setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Begitu juga dengan Jogja.

Ciri khas dari batik jogja sendiri ada pada latar belakang dan hiasan motifnya. Selain itu, batik jogja lebih sering menggunakan latar belakang berwarna putih. Jadi batik sangat direkomendasikan untuk dijadikan cinderamata khas jogja.

3. Kerajinan Perak

Cinderamata satu ini berasal dari jogja tepatnya ada di Kotagede. Cinderamata ini tidak hanya dikenal oleh dalam negeri, namun sudah merambat hingga negera lain. Di Kotagede sendiri merupakan kawasan yang terkenal sebagai center industri perak.

Baca Juga :   Silaturahim dengan Pangdam XIII/Merdeka, Penjagub Hamka Bahas Kamtibmas Gorontalo

Hal tersebut dimanfaatkan oleh pengrajin untuk membuat cinderamata yang berasal dari perak. Cinderamata perak ini juga biasanya berbentuk candi borobudur maupun prambanan yang merupakan ikon Jogja.

4. Gerabah

Selain kerajinan perak,gerabah yang berasal dari tanah liat juga cukup populer di mata wisatawan. Kerajinan gerabah ini tepatnya berasal dari daerah bantul. Disana adalah pusat pembuatan kerajinan gerabah yang berbahan dasar tanah liat.

Jika tertarik membeli sebagai cinderamata, tidak usah khawatir karena jaraknya juga cukup dekat dari kota jogja. Perjalanan sekitar 20 menit menggunakan mobil maupun montor.

5. Blangkon

Sudah tahu blankon belum? Blangkon ini juga merupakan salah satu cinderamata yang sangat khas dari jogja. Jika pernah mengunjungi kraton jogja, pasti Anda pernah melihat sejenis penutup kepala yang digunakan oleh kaum laki-laki. Ya itulah yang dinamakan blankon.

Blangkon disebut juga terbuat dari bahan dasar kain batik dan bisa disebut dengan blangkon mondolan. Bentuknya bulat dengan tonjolan di belakang kepala. Dikatakan bahwa benjolan tersebut memiliki filosofi yang berasal dari masyarakat Jawa yaitu dapat menyimpan rahasia atau aib.

6. Patung Loro Blonyo

Rekomendasi terakhir adalah patung Loro Blonyo. Patung ini dipercaya sebagai simbol kemakmuran serta harapan khususnya bagi suami istri. Berdasarkan cerita, patung ini sudah ada sejak tahun 1476 tepatnya pada masa kepemimpinan Sultan Agung di Kerajaan Mataram.

Dan pada zaman tersebut, hanya keluarga priyayi yang bisa memiliki patung tersebut. Patung Loro Blonyo juga diletakan di bagian sentong atau tengah rumah.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa cinderamata khas jogja memiliki ciri khas yang unik dan kental sekali dengan adat dan istiadat mulai dari batik, blangkon maupun kerajinan gerabah. Jadi jika Anda berkunjung ke Jogja, wajib sekali membeli salah satu rekomendasi cinderamata di atas.

Baca Juga :   Roadshow Industrialisasi di KSB Gubernur Optimis KSB Bisa Realisasikan Industrialisasi dengan Cepat
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *