Ciptakan Pariwisata Lokal, Sandiaga Dorong Pengelolaan Daerah Pascatambang

Diposting pada

Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong pengelolaan daerah pascatambang. Dia ingin daerah bekas pertambangan dapat menghasilkan pundi-pundi uang bagi masyarakat sekitar.
 
Sandiaga mencontohkan Desa Wisata Perlang di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung. Dia mengapresiasi kreativitas masyarakat dalam memanfaatkan bekas galian tambang timah di desanya menjadi desa wisata. 
 
“Kita harus pastikan bahwa post mining atau pascatambang itu bukan hanya meninggalkan musibah. Tapi kalau dikelola dengan penuh hikmah akan menjadikan berkah,” kata Sandiaga dikutip dari Antara, Jumat, 12 Agustus 2022.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Desa Wisata Perlang merupakan salah satu dari 50 desa wisata terpilih dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Awalnya, desa itu dikenal sebagai lokasi penambangan timah yang menyisakan lubang besar. 
 

Lubang besar ini kemudian berubah menjadi danau yang bernama Danau Pading yang menjadi destinasi wisata. Selain Danau Pading, Desa Wisata Perlang juga memiliki berbagai destinasi wisata lain yang indah seperti Bukit Pading, Air Terjun Sadap, dan Gusung Perlang. 
 
Menurut Sandiaga, keberhasilan masyarakat Desa Wisata Perlang menjadikan Danau Pading destinasi wisata merupakan kesuksesan.
 
“Danau Pading ini menjadi tulang punggung dari Desa Wisata Perlang dan mereka bisa menembus 50 besar desa wisata terbaik (ADWI 2022),” katanya.
 
Ia mendorong masyarakat Desa Wisata Perlang untuk terus menggali potensi wisata dan ekonomi kreatif yang ada di daerahnya. Menurut dia, penghasilan masyarakat bakal meningkat jika seluruh pihak fokus kepada pengembangan yang berkualitas dan berkelanjutan.
 
“Dan punya dampak ekonomi yang langsung dirasakan oleh masyarakat,” ungkap dia.
 

Baca Juga :   7 Tempat Rekreasi di Likupang Manado yang Paling Populer

(ADN)

Artikel ini bersumber dari : www.medcom.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *