Cuaca Hari Ini dari BMKG, Cek Wilayah Hujan yang Disertai Petir

Diposting pada

TEMPO.CO, Jakarta – BMKG memperkirakan ada cukup banyak Ibu Kota provinsi yang akan memiliki cuaca hujan disertai petir pada hari ini, Selasa 11 Oktober 2022. Mereka adalah Bengkulu, Jambi, Surabaya, Pontianak, Tarakan, Pangkal Pinang, Palembang dan Medan.

Baca juga: BMKG Tepis Sungai Meluap Tiba-tiba Sebab Gempa M5,3 dari Selatan Banten

Tak ada yang akan mengalami hujan lebat tapi hujan dengan skala sedang kemungkinan turun di Banjarmasin, Mataram, Makassar dan Kendari. Sementara Jakarta Pusat dan Bandung tergabung bersama Semarang, Serang, Yogyakarta, Bandar Lampung, Gorontalo dan sejumlah ibu kota provinsi lainnya untuk perkiraan hujan ringan.

Meski Ibu Kota-nya hujan ringan, wilayah provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat masih dikategorikan oleh BMKG dengan status Siaga bencana hidrometeorologi pada hari ini. Seperti beberapa hari sebelumnya, keduanya masih diminta mengantisipasi bencana dampak hujan di wilayahnya seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor. 

BMKG membuat prakiraan cuaca hari ini setelah antara lain memantau adanya sirkulasi siklonik di Kalimantan Tengah bagian selatan dan di perairan barat Maluku. Keduanya memberi pengaruh lewat pembentukan konvergensi memanjang dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, di Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara dan di Maluku. 

Seperti diketahui, konvergensi akan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan. Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Riau hingga Kepulauan Riau, dari Lampung hingga Bangka Belitung, di Jawa Barat, Jawa Timur. Juga dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi tengah, dari Gorontalo hingga Sulawesi Utara, di Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

  


Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik  bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


Artikel ini bersumber dari : tekno.tempo.co.

Baca Juga :   Ifong Pengusaha Asal Toboali Siap Berlaga di Liga Lempah Kuning Bangka 2022, Sajikan Menu Andalan
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *