Cuma Jualan di Gang Sempit, Warung Sop Ini Selalu Ramai Pembeli, Ini Alasannya!

Diposting pada

INDOZONE.ID – Sop ubi adalah salah satu makanan khas Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jika kamu mengunjungi Makassar, tak lengkap rasanya untuk enggak mencicipi olahan sop ini. 

Selain ada sop saudara, sop konro, sop kikil, ada lagi yang enggak kalah enak yaitu sop ubi. Rekomendasi sop ubi yang legend di kota ini adalah Sop Ubi APDN. Warung sop ubi ini telah buka sejak tahun 1966. Sudah 56 tahun loh.

sop ubi
Warung sop ubi khas Makassar. (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Lokasinya di gang sempit, Jalan Cenderawasih No. 259, Karang Anyar, Kota Makassar. Buka setiap hari dari pukul 09.00-16.00 WITA. Meskipun berada di gang sempit, orang-orang rela datang ke warung ini. 

Enggak hanya penduduk sekitar yang datang, tetapi warga yang rumahnya cukup jauh dari lokasi ini juga datang. Pejabat dan pekerja baik PNS, BUMN juga datang untuk mencicipi kenikmatan sop ubi di warung ini.

warung sop ubi
Warung sop ubi khas Makassar. (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Sop ubi yang disajikan berupa semangkok makanan yang terdiri dari rebusan toge, mie dan bihun, potongan daging, kacang tanah goreng, ubi goreng atau dikenal dengan singkong goreng serta taburan daun bawang yang melimpah. 

Menariknya, di warung ini disediakan tambahan topping bakso yang dagingnya kenyal dan empuk.

“Makanan ini mirip bakso, dari penampilannya mirip ya. Tapi kalau dimakan beda gak sama dengan bakso. Komponen nya juga beda, rasanya enak, gurih, sedap asinnya pas. Pokoknya mantep banget. Sebagai pendatang bukan dari warga sini, makanan ini cocok di lidah saya” ujar Adit kepada Z Creators Retno Mandriyarini.

sop ubi
Warung sop ubi khas Makassar. (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Pemilik warung ini sudah generasi kedua menjalankan bisnisnya. Masak untuk jualan pun ternyata enggak pagi buta loh.

“Di sini baru mulai masak sekitar jam 7 pagi aja, gak masak jam 5 subuh-subuh. 2 jam masak kelar untuk nyiapin komponen yang dijual. Sebenarnya sederhana prosesnya, merebus tauge, mie, goreng kacang tanah dan bumbunya juga gak banyak” ujar salah satu pramusaji di warung ini.

sop ubi
Warung sop ubi khas Makassar. (Z Creators/Retno Mandriyarini)

Semangkok sop ubi dibanderol Rp18 ribu. Sedangkan sop ubi campur bakso dibandrol Rp22 ribu. Kamu bisa tambahkan topping di atasnya seperti buras atau lontong dan juga gorengan seperti pangsit. 

Baca Juga :   Pemuda Gorontalo Jaga dan Lestarikan Bahasa Daerah Lewat Komik, Lagu, dan Boneka

Jika suka pedas jangan lupa tambahkan sambal dan saos pedas ke dalam mangkuk sop ubi. Tertarik mecobanya? 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators


Artikel ini bersumber dari : www.indozone.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *