Daftar 10 Destinasi Wisata di Bangka Tengah, Danau hingga Pantai Cantik : Okezone Travel

Diposting pada

KABUPATEN Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung memiliki banyak tempat wisata yang cantik dan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pantai, bukit, danau ,hutan dan lainnya.

Nah, berikut 10 destinasi wisata di Bangka Tengah yang wajib Anda kunjungi saat melancong ke Pulau Bangka.

1. Danau Kaolin

Danau Kaolin atau Kulong Biru terletak di Desa Nibung Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah, berjarak ±60 Km dari Bandara Depati Amir dan sekitar ±15 Km dari Koba, Ibukota Kabupaten Bangka Tengah.

 BACA JUGA: 7 Destinasi Wisata ala Uang Kertas Rupiah Terbaru, Pesonanya Memanjakan Mata!

Danau Kaolin ini sering disebut dengan istilah Kulong Biru, berasal dari bekas penambangan biji timah yang sudah lama ditinggalkan. Kelebihan danau ini yakni suasana udara yang tetap segar tanpa terganggu aroma belerang karena memang bukan kawah pegunungan.

Kulong Biru menjadi unik dan menarik sehingga menyedot perhatian banyak turis domestik maupun mancanegara dan menjadi destinasi wisata andalan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

 Ilustrasi

Danau Kaolin di Bangka Tengah (Dok Okezone.com)

Tak heran, Danau Kaolin (Kulong Biru) berhasil masuk nominasi di Destinasi Unik Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia 2019.

2. Pantai Tanjung Langka Koba

Wisata Pantai Tanjung Langka Koba merupakan objek wisata di bangka Tengah yang keindahannya tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lainnya.

Saat air laut surut anda akan menyaksikan keindahan batu karang di sekitar pantai membuat tempat ini menjadi lebih menarik terutama bagi yang gemar dengan fotografi.

Selain itu pantai Tanjung Langka juga memiliki pasir yang putih dan cocok untuk menikmati keindahan sunset ketika matahari mulai tenggelamnya.

 BACA JUGA:10 Destinasi Wisata Sejarah di Jakarta, Cocok Dikunjungi saat HUT Ke-77 RI

3. Pantai Sumur Tujuh

Salah satu pantai yang memiliki artefak sejarah kolonial di Bangka Tengah. Situs sumur tujuh ini pernah digunakan untuk pembuatan garam di zaman Jepang.

Pantai Sumur Tujuh dekat dengan kota, sekitar 5 menit dari kota Koba. Pantainya yang landai dengan hamparan pasir putihnya membuat kita berlama-lama di pantai ini.

Baca Juga :   Penerbangan Dibuka, Tanahdatar Siap Dikunjungi Wisatawan Malaysia

4. Pantai Tapak Antu

Pantai Tapak Antu terletak di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah. Jarak tempuh kurang lebih 2 Km dari Kota Pangkalpinang.

Pantai ini cocok sebagai pilihan berwisata saat liburan bersama keluarga. Di hari libur, pantai ini ramai dikunjungi wisatawan.

Ombak yang bersahabat, angin sepoi-sepoi menciptakan suasana yang tenang, dan indahnya panorama pemandangan menambah lengkapnya liburan di Pantai Tapak Antu.

5. Hutan Mangrove

Wisata hutan Mangrove di bangka salah satunya yang sedang hits terletak di adesa Kurau Barat, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung.

Sejak diresmikan pada februari 2017 lalu, objek wisata alam yang satu ini semakin hits dan telah dikujungi ribuan wisatawan baik lokal, domistik hingga mancanegara.

Destinasi wisata ini mampu memberikan sensasi tersendiri bagi siapa saja yang datang berkunjung. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan air jernih dengan warna kecoklatan, hingga rimbunnya pohon mangrove dan jenis lainnya.

Selain itu di kawasan ini wisatawan dapat melihat beragam habitat seperti burung, kepiting dan lainnya. Tak hanya itu, wisatawan pun juga dapat menangkap langsung kepiting bakau yang telah dibudi daya oleh pengelola sekaligus dapat merasakan kelezatan kepiting bakau tersebut.

Belum lagi saat memasuki bagian dalam hutan, binatang-binatang yang jarang terlihat seperti ular dengan warna-warni yang khas, aneka burung, berbagai jenis kera siap menyambut Wisatawan.

Baca Juga: Upaya Berantas IUUF, KKP Jalin Kolaborasi Internasional dengan Negara RPOA dan G20

6. Ex Mining Perlang

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini adalah bekas penambangan timah yang berada di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah.

Lahan bekas galian pasir timah yang terisi air hujan membentuk danau yang dikenal dengan nama “Kolong” atau “Camuy” bagi masyarakat Bangka.

Air Danau yang jernih dan Biru serta tumpukan batu dan pasir sisa penambangan menjadikan lokasi wisata ini tempat yang menarik untuk berfoto.

Baca Juga :   Wisata Belitung : Kota Tanjungpandan, Kota Terbesar di Pulau Belitung dengan Wisata Lengkap

7. Air Terjun Sadap

Tempat ini berada di Desa Perlang, masih alami dengan suasana alam yang natural memang senantiasa memanjakan mata dan jiwa kita yang terkadang lelah dalam menjalani pekerjaan.

Tekstur jalan yang masih alami, belum beraspal dan pemandangan hutan diselingi bekas areal penambangan Timah menjadikan perjalanan tidak menjemukan.

Disepanjang perjalanan, mata Anda akan senantiasa dimanjakan pandangan bernuansa hijau dan menarik. Bahkan dibeberapa lokasi bekas areal penambangan, banyak terdapat kolong / danau-danau kecil dengan air yang jernih dan dalam.

 Ilustrasi

8. Pulau Ketawai

Pulau ketawai adalah salah satu pulau kecil kebanggaan masyarakat Bangka Tengah, Pulau Ketawai merupakan objek wisata yang berada di Kabupaten Bangka Tengah, dan menjadi salah satu tempat yang menarik dan banyak dikunjungi wisatawan baik dari Bangka Tengah sendiri maupun masyarakat luar.

9. Pantai Tanjung Berikat

Untaian pasir putih yang menghampar dan bebatuan disepanjang pantai berlaut biru nan jernih tentu akan menghangatkan pandangan mata Anda.

Apalagi air laut tersebut jernih hingga tembus kedasarnya. Sekali-kali tampak pula ikan kecil berenang di antara batu-batu tersebut.

Panorama pantai yang indah dan menawan inilah yang akan banyak Anda saksikan di sepanjang pulau Bangka seperti Pantai Tanjung berikat yang ada di Desa Batu Beriga Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung.

10. Pantai Terentang

Pantai Terentang adalah salah satu objek wisata pantai yang berada di pinggir jalan, ruas utama jalur Bangka Tengah untuk menuju kota Koba.

Pantai yang sempat menjadi puncak perhelatan festival Gerhana Matahari Total di Bangka Tengah ini menawarkan lanskap pantai yang panjang.

Pantai dengan taman yang menjadi ruang terbuka ini memiliki keunikan yakni, menjadi salah satu pantai yang memiliki fasilitas dinding panjat untuk olahraga panjat dinding dengan standar nasonal yang telah menjadi tempat perhelatan kejuaraan nasional panjat tebing.

Artikel ini bersumber dari : travel.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *