Daftar Event Unggulan di Bantul Yogyakarta September 2022

BacaJogja – Banyak event digelar di Bantul Yogyakarta pada September 2022. Beberapa event sudah berlangsung, namun masih banyak pula event unggulan yang siap memanjakan warga dan wisatawan pada pertengahan hingga akhir September 2022 ini.

Berdasarkan Bantul Events, dalam rentang 10 hari ke depan, ada lima event unggulan yang digelar di Bumi Projotamansari ini. Untuk lebih detailnya silakan simak di bawah ini.

Baca Juga: Siap-siap, Michael Learns To Rock Konser di Yogyakarta!

Event 16-25 September 2022 di Bantul

1. Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022
Lokasi : Jalan Parangtritis Eks Lahan Kampus STIE Kerjasama, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Tanggal : 16 September – 16 Oktober 2022

Event ini sering disebut sebagai pengganti Pasar Malam Sekaten yang biasa digelar digelar Alun-alun Utara Yogyakarta.

Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022 secara resmi pasar malam ini dibuka pada Minggu, 18 September 2022. Pada malam pembukaan menghadirkan artis campursari Cak Diqin dengan diiringi band musik Exstravagongso.

Baca Juga: Jadwal dan Rangkaian Acara FKY “Merekah Ruah” 12-25 September 2022

Pria yang pernah menjadi PNS ini akan membawakan 10 lagu hits antara lain; Cinta Tak Terpisahkan, Sido Rondho, Tragedi Tali Kutang, Blebes, Slenco, Mr. Mendem, Pindhah Tresna, Cinta Untuk Selamanya, Mendem Wedokan, Louhan dan lainnya.

Beberapa wahana bermain yang siap meramaikan acara ini tidak jauh beda dengan gelaran Pasar Malam Sekaten yang digelar di Alun-alun Utara Yogyakarta; antara lain bianglala tong stan, rumah hantu, kora-kora, komedi putar, ombak banyu, kincir angin, trampolin, rumah balon, kereta rel, istana balon, sepeda air dan lainnya.

2. Jogja Japan Festival
Venue: Little Tokyo Jogja alamat Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.
Tanggal : 17-18 September 2022

Dalam event ini warga Yogyakarta dan sekitarnya bisa melihat budaya Jepang secara langsung. Event ini juga bagian memperingati Hari Persahabatan Indonesia-Jepang September ini.

Baca Juga: Daftar 12 Event Jogja Akhir Pekan Ini, dari Konser hingga Pasar Malam

Event akan menampilkan kebudayaan Yogyakarta dan Jepang; seperti tari adat Bantul, taiko, lomba coswalk, lomba karaoke, lomba foto, bon odori, samurai cabaret, parade grebeg gunungan UMKM, DJ performance, bazaar UMK, berbagai stand street food Jepang dan jajanan lokal.

Event diharapankan menjadi ajang promosi wisata bagi Bantul ke kancah internasional sekaligus mendukung Bumi Projotamansari sebagai kota kreatif dunia atau The City Of Craft And Folkart.

3. Saparan Rebo Pungkasan
Venue: Kalurahan Wonokromo, Pleret, Bantul
Tanggal : 20 September 2022

Event ini disebut Rebo Pungkasan atau Rebo Wekasan karena upacara puncak digelar pada hari Rabu terakhir pada bulan Sapar.

Tradisi Rebo Pungkasan Wonokromo Pleret, Bantul. (Foto: Istimewa)

Baca Juga: Tiga Lokasi Ini Jadi Veneu Atraksi Spektakuler Jogja Air Show 2022

Tradisi adat ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, serta seorang kyai pertama di Wonokromo – Kyai Faqih Usman atau Kyai Welit – yang bisa menyembuhkan segala penyakit dan dapat memberikan berkah untuk kesuksesan usaha atau untuk tujuan-tujuan tertentu.

Salah satu yang menjadi ikon pada tradisi Rebo Pungkasan yakni lemper berukuran besar. Puncak acara adalah kirab lemper raksasa berukuran tinggi 2,5 meter dengan diamter 45 cm. Lemper diarak dari Masjid Wonokromo menuju Balai Kalurahan Wonokromo sejauh 2 kilometer.

4. Jogja Air Show 2022
Veneu: Landasan Pacu Pantai Depok Bantul
Tanggal : 23-25 September 2022

Pertunjukan atraksi udara spektakuler Jogja Air Show 2022 ini sebenarnya digelar tiga lokasi yakni Lanud Adisutjipto Sleman, Bukit Sriten Gunungkidul dan Depok Air Strip Bantul. Menariknya lagi, atraksi menampilkan pertunjuk yang berbeda pula di setiap veneu.

Baca Juga: Bekakak, Rebo Pungkasan dan Event Budaya Lainnya di Yogyakarta September 2022

Di Depok Air Strip Bantul menghadirkan Statis Show Psw FASI, Joy Flight, Penerjunan Free Fall, Air Show Layang-layang, Fly Pass Grob Flight, Fly Pass JAT, Air Show Aeromodeling, Photography Contest, Air Show. Selain itu di tempat ini juga ada Joyflight Microlight bersama Jogja Flying Club (JFC).

Di Lanud Adisutjipto menampilkan, Static show Psw FASI, Air Show Terbang Layang, Air Show Aeromodeling, Penerjunan Free Fall, Grob Flight, JAT Flight, Drone Race dan Aero Photography Contest. Di Bukit Sriten menampilkan perlombaan Paralayang dan perlombaan Paramotor.

Baca Juga: Daftar Artis yang Bakal Konser di Yogyakarta September 2022

5. Lanterne Festival de Paris 2022
Venue : Pantai Widuri alamat Jalan Pantai Parangkusumo, Kalurahan Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta.
Tanggal : 24 September 2022 pukul 18.00-23.00 WIB.

Event ini merupakan Festival 1001 Lampion yang diterbangkan menghiasi langit malam, membuat suasana yang “instagramable”. Moment ini sangat menarik bagi semua kalangan yang ingin mengabadikan nuansa romantis bersama pasangan, atau antar sahabat yang ingin menerbangkan harapan setinggi-tingginya dengan lampion bertuliskan harapan sebagai simbol.

Baca Juga: Update Kalender Event September 2022 di Yogyakarta

Lanterne Festival de Paris (LF de Paris) 2022 merupakan kegiatan penerbangan lampion tahun kedua. Di iringi deburan ombak, megahnya sunset pantai selatan Jawa di sore hari, menambah suasana romantis menjelang penerbangan lampion. Menampilkan kesenian budaya khas Bantul dan musisi-musisi lokal juga nasional yang akan menyemarakkan LF de Paris 2002. []

Artikel ini bersumber dari : bacajogja.id.

Tinggalkan komentar