Dapoer Gayo Juara 1 Aceh Tengah Culinary Festival 2022 – LINTAS GAYO

Diposting pada

TAKENGON-LintasGAYO.co : Dapoer Gayo sukses menjadi juara 1 pada Lomba Kuliner di acara Aceh Tengah Culinary Festival 2022 yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Aceh Tengah pada 07 s.d 9 Oktober 2022 di Lapangan Setdakab Aceh Tengah.

Tim Dapoer Gayo merupakan tim yang unik karena terdiri dari ibu dengan dua anak, yaitu Inen Adie Rahma Umar dan Nikmah Umar.

Menurut Owner Dapoer Gayo,  Rahmamawati atau kerap disapa Rahma Umar, menu yang disajikan pada lomba ini menyesuaikan dengan syarat yang diberikan oleh panitia yaitu modifikasi dari olahan ikan Khas Danau Lut Tawar.

“Jadi, kita sajikan 3 menu masakan yaitu sate depik lilit dengan sambal empan, asem-asem ikan bado dan minumam mojito terong belanda,” jelas ibu tiga anak ini.

Menurut Rahma, semua menu diusahakan cocok dengan lidah masyarakat Gayo, sehingga bahan yang digunakan juga berasal dari rempah-rempah yang dekat dengan masyarakat.

Misalnya, sate lilit depik sambal empan terinspirasi dari keunikan cita rasa depik yang dipadu dengan rempah khas Gayo, empan sehingga menghasilkan citarasa yang pas dilidah masyarakat.

Selanjutnya, karena bado menjadi “anak tiri” pada kuliner Gayo, maka Rahma berinisiatif membuat asem-asem bado. Sedangkan minuman mojito terong agur dibuat menjadi minuman kekinian dengan salah satu komoditi unggulan di Gayo.

Dopoer Gayo lahir pada September 2017 dengan tujuan agar kudapan Gayo bisa menjadi oleh-oleh khas Takengon, sehingga menghasilkan menu kekinian tapi tidak menghilangkan kekhasannya.

Seperti, gutel dengan varian rasa diantaranya rasa aren, original, kepile item, rasa kopi juga rasa nangka. Selain itu, kini Dapoer Gayo juga menyediakan brownis kopi sebagai oleh-oleh. Bagi yang berminat memesan oleh-oleh silahkan dm via instagram @Dapoergayo atau menghubungi owner 0822 7791 3605. [Zuhra Ruhmi]

Baca Juga :   17 Tempat Wisata Di Grobogan, Terbaru Dan Inspiratif

Comments

comments


Artikel ini bersumber dari : lintasgayo.co.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *