Daya Tarik Pesisir Pantai Pandeglang, Nyunset Sambil Cicipi Ragam Pilihan Ikan Bakar

Diposting pada

Daya Tarik Pesisir Pantai Pandeglang, Nyunset Sambil Cicipi Ragam Pilihan Ikan Bakar
Wisata ikan bakar laut di Teluk Labuan Pandeglang. ©2022 Kanal YouTube Aan Sutaryat Vlog/Merdeka.com

Merdeka.com – Kawasan laut Teluk Labuan di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten bisa menjadi wisata alternatif untuk dikunjungi. Pengunjung bisa menikmati sunset, sembari bersantap ragam jenis ikan bakar.

Kawasan ini memang dikenal sebagai salah satu sentra ikan bakar di Pesisir Pantai Pandeglang. Bahkan pasca pandemi Covid-19, keberadaan pengunjung di sana semakin ramai.

Salah satu pedagang ikan bakar di dekat pelelangan ikan, Teluk Labuan Pandeglang, Mimin (55) mengatakan jika sejak delapan bulan terakhir, tingkat penjualan ikannya semakin bertambah.

“Kami setiap hari banyak melayani permintaan ikan bakar,” katanya, dilansir dari ANTARA, Jumat (30/9).

2 dari 5 halaman

Menikmati Ikan Bakar Sambil Lesehan Menghadap Laut

wisata ikan bakar laut di teluk labuan pandeglang

©2022 Kanal YouTube Aan Sutaryat Vlog/Merdeka.com

Keistimewaan berwisata di Teluk Labuhan adalah menikmati suguhan ragam kuliner laut dengan menghadap ke laut. Saat sore, langitnya begitu memerah karena matahari tenggelam.

Suasana senja yang memukau memancing pengunjung untuk datang ke lokasi tersebut. Belum lagi panggilan-panggilan dari para penjual ikan yang bersahutan, memantik suasana berkesan dan tak ditemui di tempat lain.

Mimin menuturkan jika waktu yang menjadi favorit para muda-mudi dan karyawan kantoran mampir adalah saat sore hingga jelang malam hari. Saat itu tingkat penjualan ikan bakar miliknya maupun pelapak lain tengah tinggi.

3 dari 5 halaman

Harga Ragam Ikan Bakar serta Seafood yang Dijual

Di sini, pengunjung bisa memesan berbagai menu ikan bakar serta seafood dengan pilihan paket yang terjangkau di kantong. Ada sejumlah menu berikut menjadi yang paling laris diborong pengunjung dengan harga yang bervariasi, tergantung jenis ikan-ikanan yang dipilih.

Baca Juga :   Gultik, Destinasi Kuliner Selebriti di Blok M

Beberapa yang disediakan yaitu paket ikan terapu nasi, sayur kangkung, tempe, lalap, dan sambal Rp140 ribu, ikan gentong Rp100 ribu, ikan kakap Rp150 ribu, ikan cue Rp140 ribu, ikan cumi Rp120 ribu.

“Kami menjual ikan bakar dengan paket, sehingga banyak pengunjung datang ke sini,” kata Mimin.

Pengunjung yang datang ke kawasan TPI Labuan Pandeglang begitu menyukai suguhan panorama alam khas pesisir pantai. Kondisi demikian yang membuat pengunjung asal luar daerah seperti Tangerang, Jakarta, Serang, Cilegon, hingga Bekasi, berdatangan untuk menikmati wisata laut dan kuliner ikan bakar khas setempat.

Ini juga yang turut membantu perekonomian para pedagang ikan bakar di TPI Teluk Labuan Pandeglang hingga terpantau meningkat. Sebelumnya lokasi ini hanya diisi oleh 10 pedagang, kini lapaknya mencapai 35 pedagang.

4 dari 5 halaman

Omzet Meningkat Drastis

Mimin menambahkan, bertambahnya pengunjung setelah masa pandemi Covid-19 untuk berwisata laut dan ikan bakar di sana begitu disyukuri lantaran bisa meningkatkan perekonomian warga yang sempat terpuruk.

Dirinya mengaku omzetnya meningkat hingga 35 persen, dan dalam satu hari bisa mengantongi Rp4 – Rp5 juta.

“Kita sejak delapan bulan terakhir ini omzet pendapatan berkisar antara Rp4-5 juta/hari dengan keuntungan sekitar 30 persen,” katanya.

Tak jauh berbeda dengan Mimin, pedagang ikan bakar lain di wisata laut Teluk Labuhan, Warsih (30) yang cukup terbantu secara ekonomi untuk kelancaran UMKM setempat.

“Kami berjualan ikan bakar itu cukup terbantu ekonomi keluarga juga tiga pekerja dengan pendapatan rata-rata Rp5 juta/hari dengan keuntungan sekitar Rp1,5 juta,” katanya.

5 dari 5 halaman

Membantu Kehidupan Nelayan di Pesisir

wisata ikan bakar laut di teluk labuan pandeglang

©2022 Kanal YouTube Aan Sutaryat Vlog/Merdeka.com

Mulai ramainya wisata Pantai Labuhan di Pandeglang disambut positif masyarakat pesisir di sana. Ini karena penjual ikan bakar membantu menjualkan hasil tangkapan masyarakat pesisir.

Baca Juga :   Catatan Ilham Bintang - Mengenang Wartawan Senior Hermansyah

Kondisi ini juga ikut mempermudah mereka mengembangkan hasil tangkapan melautnya.

“Kami meyakini pedagang ikan bakar di sini banyak dikunjungi, karena kualitas rasa cukup nikmat, terlebih terdapat sambal honje dan aneka sayuran serta nasi baru hasil panen dengan rasa pulen,” kata seorang pengelola kawasan TPI Teluk Labuan, Yamin.

[nrd]


Artikel ini bersumber dari : www.merdeka.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *