Deretan 6 Masjid Tertua di Indonesia, Nomor 5 Saksi Bisu Penyebaran Islam di Lombok

Diposting pada

JAKARTA, iNews.id – Masjid tertua di Indonesia layak dijadikan destinasi wisata religi bagi Muslim. Masjid tertua tersebut rata-rata sudah berdiri sangat lama, bahkan ada yang sudah usianya mencapai ratusan tahun. 

Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, namun juga bisa digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan sosial keagamaan. Terlebih, masjid merupakan simbol yang khas dari masuknya islam di Nusantara.

Masjid Tertua di Indonesia

Dilansir dari laman uinbanten.ac.id, Menurut Al-Munawwir, kata Masjid berasal dari Bahasa Arab kata Sajada-Yasjudu yang artinya sujud berarti tunduk atau hormat. Kata Yasjudu berubah menjadi kata Masjid yang berarti menunjukan tempat. 

Jadi, masjid merupakan tempat untuk melaksanakan shalat, tunduk atau hormat kepada Allah SWT di tempat yang suci. Masjid bisa dikatakan tempat suci untuk bersembah kepada Allah SWT yang maha Esa.1 Secara etimologi, “masjid” berarti tempat sujud atau tempat orang bersembahyang menurut syarat dan rukun yang telah ditentukan oleh Islam. Sedangkan menurut hadits masjid adalah setiap jengkal tanah diatas permukaan bumi.

Fungsi masjid paling utama adalah sebagai tempat melaksanakan ibadah shalat berjama’ah. Fungsi masjid tidak terlepas dari makna masjid itu sendiri sebagai tempat sujud atau tempat sholat, namun fungsi masjid juga berhubungan dengan sejarah tradisi dan dinamika budaya Islam di suatu tempat.

Berikut Deretan 6 Masjid Tertua di Indonesia:

1. Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal Baitussalam adalah nama resmi dari masjid ini. Nama masjid ini dimaknai karena tiang penyangga masjid hanya satu (tunggal). Masjid Saka Tunggal terletak di Baitussalam, berada di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon Banyumas, Banyumas, Jawa Tengah.

Baca Juga :   5 Daerah Terdingin di Jawa Tengah, Nomor 4 Sering Muncul Fenomena Embun Es : Okezone Travel
Masjid Saka Tunggal di Banyumas salah satu masjid tertua di Indonesia. (Foto: iNewsPurwokerto)
Masjid Saka Tunggal di Banyumas salah satu masjid tertua di Indonesia. (Foto: iNewsPurwokerto)

Masjid berukuran 12×18 meter ini berdasarkan prasasti di dalamny dibangun tahun 1288. Dinamakan Masjid Saka Tunggal karena bangunan tempat ibadah ini sangat unik lantaran hanya ada satu tiang yang dalam bahasa Jawa disebut Saka Tunggal.

2. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak, menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini dibangun oleh Raden Patah dan dibantu oleh para Walisongo pada abad ke-15 Masehi. Lokasi Masjid ini berada di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. 

Konon, masjid ini merupakan tempat berkumpulnya Wali Songo yang menyebarkan agama islam di tanah Jawa. Raden Patah bersama Wali Songo membangun masjid ini dengan memberi gambar serupa bulus. Bulus menggambarkan tahun pembangunan masjid ini, yaitu 1410 Saka. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel:


Artikel ini bersumber dari : ntb.inews.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *