Desa Wisata Masbagek Timur Gelar Festival Gerabah

Diposting pada

[*]

DPRD Lombok Tengah NTB

Berita Baru, NTB – Dalam rangka menyemarakkan HUT Kabupaten Lombok Timur yang ke-127, Desa Masbagik Timur, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur menggelar Festival Gerabah, Minggu (28/8/2022).

Festival tersebut diadakan untuk membangkitkan dan memperkuat kembali eksistensi Masbagik Timur sebagai Desa Wisata Seni dan Budaya di Pulau Lombok.

“Mesti ada cara baru dalam membuka pasar baru produk-produk gerabah kita agar diserap oleh pasar domestik Indonesia dengan gerabah beraneka rupa. Tugas yang tidak mudah tapi sangat menantang,” kata Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menghadiri sekaligus membuka Festival tersebut.

Ia juga menyampaikan bahwa produk Gerabah yang dihasilkan masyarakt harus memiliki pasar yang jelas, sehingga mudah didistribusikan.

“Kita harus lebih lincah mencari pasar. Harus didefinisikan apakah gerabah Masbagik ini butuh international event atau tidak. Kalau memang pasar kita hanya Bali, kita hanya sekedar bikin saja, tidak apa-apa, kita menjadi supplier awal-awal dengan Bali yang penting masyarakat disini hidup,” ujar Bang Zul.

Berita Terkait :
7 Komisioner KPID Provinsi NTB Resmi Dilantik

Gubernur berpesan kepada para pengrajin Gerabah agar setelah Festival digelar, masyarakat mendapatkan peningkatan penjualan. Dengan kata lain, bukan sekedar ramai-ramai di Festival, tetapi juga menghasilakan kegiatan dan hasil yang konkrit.

“Tolong supaya hasil festival itu minimal ada kegiatan yang konkrit misalnya menjual atau mendistribusikan gerabah milik masyarakat ke pasar yang baru. Jangan sampai banyak festival, banyak pameran tetapi tidak meningkatkan penjualan,” pesannya.

Sementara itu, Bupati Lombok Timur, Sukiman Azmy menyatakan bahwa Pemkab dan masyarakat Lombok Timur terus berupaya dengan maksimal untuk membangkitkan kembali potensi daerah yang dimiliki melalui berbagai ikhtiar.

“Aktivitas Kabupaten Lombok Timur saat ini kemeriahannya sangat terasa. Ada pameran dan festival dimana-mana. Alhamdulillah, kemampuan masyarakat kita untuk menggunakan sarana yang diberikan pemerintah seperti mendistribusikan produk secara online itu luar biasa. UMKM terus bergerak di dunia maya, itu salah satu bentuk ikhtiar yang sudah kita lakukan,” ujar Bupati Sukiman Azmy.

Baca Juga :   Rahasia di Balik Filosofi Batik Sasambo

Turut hadir pada kesempatan tersebut, yaitu Kadiskop & UKM Provinsi NTB, Kadisdag Provinsi NTB, Kadisperin Provinsi NTB, Camat Masbagik, Kapolsek Masbagik, 10 Kades Kec. Masbagik dan stakeholders lainnya. [*]


Artikel ini bersumber dari : ntb.beritabaru.co.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *