Dinas Kesehatan Babel Dukung Saka Bakti Husada, Diikuti 78 Peserta dari Berbagai Provinsi

Diposting pada

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bangka Belitung (Babel) turut mendukung Giat Perkemahan Kecil Saka Bakti Husada dimulai dari tanggal 4-6 Oktober 2022.

Kegiatan itu gelar di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Dr (HC) Ir Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Kepulauan Babel, dr Hastuti mengatakan ada sekitar 78 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia yang mengikuti Giat Saka Bakti Husada.

“Rangkaian Peran Saka itu tanggal 2-9 Oktober, pada tanggal 4-6 Oktober itu disubkan dengan Saka masing-masing. Kalau di kesehatan itu Saka Bakti Husada,” ujar dr Hastuti, Rabu (5/10/2022).

Dinkes Babel turut hadir untuk membantu panitia Peran Saka menyukseskan acara nasional yang diikuti oleh 31 provinsi di Indonesia.

“Kami persiapannya, tidak bergerak sendiri, kami berkoordinasi juga dengan dinkes kabupaten kota, mereka selaku pembina Saka di tingkat kabupaten. Pada struktur pramuka itu dinkes sebagai majelis pembimbing Saka, kami melalukan dukungan untuk kegiatan,” kata dr Hastuti.

Lebih lanjut, Perkemahan Kecil Saka Bakti Husada, para peserta dibekali berbagai ilmu dan wawasan seputaran kesehatan.

“Tujuan kita menggelar ini, memberikan bekal kepada peserta, apa yang dapat mereka lakukan sebagai anggota pramuka di lingkungan masyatakat,” katanya

Dalam Giat Saka Bakti Husada, peserta diberikan pemahaman enam krida yakni Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit Krida Bina Obat, Krida Bina Gizi dan Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

“Jadi diberi pembekalan dulu baru nanti mereka turun ke lapangan, tujuannya disamping mereka dapat bekal, mereka dapat memberikan manfaat kepada masyarakat setempat,” katanya.

Selain pembekalan materi yang diberikan di di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Dr (HC) Ir Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Baca Juga :   KBO Babel Serahkan Donasi Kemanusiaan Dari YMBBB Sebesar Rp 19 juta Kepada Orang Tua Bayi Resa

Para peserta akan mengunjungi beberapa tempat wisata di Bangka seperti Kampung Reklamasi Air Jangkang, Pantai Tikus Emas dan Pagoda Nusantara.

“Mereka nanti ditugaskan berlomba bikin konten kreatif untuk disebarkan di media sosial mereka, selain melihat, diharapkan mereka bisa menyebar soal wisata indah di Babel. Jadi dari kehadiran mereka, kita bisa mempromosikan pariwisata kita juga,” kata dr Hastuti.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)


Artikel ini bersumber dari : bangka.tribunnews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *