Disporapar Gelar Balikpapan Fest 2022, Usung Tema Nusantara Kita – Kotaku.co.id

Diposting pada

KOTAKU, BALIKPAPAN-Beragam rangkaian kegiatan seperti fashion show, festival band, kuliner Nusantara, Choral Orchestra Folklore (COF) dan Barista Competition akan mewarnai Kota Balikpapan dalam beberapa hari ke depan.

Ya, dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Dunia tiap 27 September dan Hari Batik Nasional 2 Oktober, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan akan menggelar Balikpapan Fest 2022, 30 September-2 Oktober 2022. Mengusung tema “Nusantara Kita”.

Kepala Disporapar Kota Balikpapan CI Ratih Kusuma mengatakan tema itu berkaitan dengan Kota Balikpapan dalam menopang dan menjadi kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN). Tentunya dia berharap sebagai penyangga IKN masyarakat lokal juga akan menjadi pelakunya, jangan hanya menjadi penonton di kota sendiri.

“Karena Balikpapan juga akan menjadi penyangga IKN, secara keseluruhan dengan keanekaragaman masyarakat bisa menyuguhkan wisata maupun ekonomi kreatif yang berdampak pada peningkatan perekonomian khususnya di Kota Balikpapan,” kata Ratih dalam Press Conference yang berlangsung di Pentacity Shopping Venue Balikpapan, Selasa (27/9/2022) sore.

Lebih lanjut, Ratih merincikan beberapa perhelatan dalam ajang Balikpapan Fest tersebut seperti Fashion Show. Acara tersebut nantinya akan mengangkat produk dari karya para desainer lokal dengan tema Batik Balikpapan maupun Kalimantan. Kemudian, bidang musik, melalui festival band merupakan salah satu upaya Disporapar untuk mengangkat potensi anak-anak muda dan masyarakat.

Selain itu untuk kuliner nusantara nantinya akan melibatkan beberapa paguyuban dan masyarakat umum untuk berpartisipasi dengan mengangkat kuliner Nusantara maupun kuliner ekonomi kreatif.

Sementara, untuk COF ini nantinya akan ada lomba paduan suara yang bertempat di Gedung Kesenian Balikpapan dan Nusantara Barista Championship yang akan bertempat di Plaza Balikpapan.

Baca Juga :   Coming Soon! Aplikasi 'Neglang' Punya Pemkab Pandeglang, Apa Itu?

“Semua kegiatan berlangsung di BSCC Dome Balikpapan kecuali yang dua itu (COF dan Nusantara Barista Championship, Red)” sebutnya.

Dia menyampaikan bahwasanya kegiatan itu memang sengaja dikombinasikan dengan berbagai rangkaian kegiatan sehingga dapat menciptakan kolaborasi positif bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya ingin melihat bagaimana mereka bisa berkolaborasi sehingga dapat menyajikan sesuatu yang dapat dinikmati masyarakat. Selain itu, ada beberapa pesertanya yang juga berasal dari berbagai daerah, seperti contohnya saja Samarinda, Penajam Paser Utara dan bahkan Makassar,” terangnya.

Diharapkannya, beragam kegiatan ini bisa meningkatkan sektor pariwisata dan perekonomian khususnya di Kota Balikpapan.

“Saya harap pariwisata ini berkelanjutan, tidak hanya sampai di situ saja. Seperti yang saya kutip dari Menteri Pariwisata dan Ekraf Sandiago Uno yakni Rohali “Rombongan hanya Lihat” tapi harus jadi Rojali “Rombongan Jadi Beli,” tutupnya sembari bercanda. (*)


Artikel ini bersumber dari : kotaku.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *