Diwakili Kotim, Kalteng juara I pawai taaruf MTQ Nasional – ANTARA News Kalimantan Tengah

Diposting pada

Sampit (ANTARA) – Kafilah Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili Kabupaten Kotawaringin Timur menjadi juara I mobil hias pawai taaruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 yang diselenggarakan di Kota Martapura Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa.

“Alhamdulillah, atas kepercayaan dan dukungan dari Bapak Gubernur Kalimantan Tengah Bapak pada hari ini merupakan suatu kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yang dipercaya untuk mewakili Provinsi Kalimantan Tengah pada Pawai Taaruf MTQ-Nasional ke-29 Tahun 2022 di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Alhamdulillah wa syukurillah, Provinsi Kalimantan Tengah meraih Juara I pada kegiatan ini,” kata Bupati Halikinnor dihubungi dari Sampit, Selasa. 

Pawai taaruf ini dibuka langsung Gubernur Kalsel, Syahbirin Noor alias Paman Birin, didampingi sejumlah pejabat daerah lainnya. MTQ Nasional XXIX ini juga rencananya akan dibuka langsung Presiden RI, Joko Widodo di Martapura, pada Rabu (12/10). 

Saat pawai taaruf, mobil hias kafilah Provinsi Kalimantan Tengah menarik perhatian penonton. Nuansa etnik dan religi dipadukan selaras sehingga menampilkan tampilan yang sangat menarik dan berbeda. 

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor didapuk tampil menaiki kendaraan hias tersebut. Masyarakat antusias, bahkan banyak yang menyempatkan berfoto ketika mobil hias tersebut melintas lambat di rute yang dilewati. 

Saat pengumuman, tepuk tangan dan teriakan gembira langsung terdengar ketika diumumkan bahwa mobil hias kafilah Provinsi Kalteng dengan nomor peserta 3 dengan nilai 335 menjadi juara pertama. 

“Terima kasih atas dukungan semua. Kami senang tadi warga juga antusias melihat mobil hias Kalimantan Tengah,” kata Halikinnor. 

Tim mobil hias kafilah Provinsi Kalimantan Tengah meriah juara I dalam lomba mobil hias pawai taaruf MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 yang diselenggarakan di Kota Martapura Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (11/10/2022). ANTARA/HO-Pemkab Kotim

Mobil dihias yang ditampilkan mengusung tema khas Kalteng, seperti banama atau perahu, burung tingang dan huma betang. Ornamen khas Dayak Kalteng dipadukan nuansa Islami seperti kubah dan lainnya. 

Baca Juga :   Yuk Kenal “Hidden Gem” Sentra Produksi Pempek di Palembang

Tim mobil hias dipimpin Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kotawaringin Timur Raihansyah. Menurutnya, tema yang diusung menggambarkan harmonisasi kehidupan beragama di Kalimantan Tengah. 

“Kami mengusung tema Banama Tingang yang melambangkan serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, kearifan lokal, hingga semangat pantang menyerah. Untuk membawa masyarakat Kalimantan Tengah menuju bumi keberkahan,” kata Raihansyah.

Pawai taaruf diikuti 27 kafilah, ditambah dari perwakilan kabupaten/kota dan lembaga serta organisasi di Provinsi Kalsel. Pawai ini menjadi awal rangkaian MTQ Nasional XXIX yang akan dilaksanakan 10-19 Oktober 2022 di depan Kantor Bupati Banjar atau depan lapangan CBS Martapura.

Penyelenggaraan MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 tersebar di tiga daerah, yakni di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin. Kegiatan MTQ dilanjutkan malam taaruf di Kota Banjarmasin yang juga diikuti seluruh kafilah pada Selasa malam.

Kemudian pada 12 Oktober 2022 akan dibuka Pameran MTQ dan Halal Food di Alun-Alun Ratu Zuleha Martapura, Kabupaten Banjar dan malamnya pembukaan MTQ nasional XXIX yang rencananya dihadiri Presiden di Kiram Park Kabupaten Banjar.

Baca juga: Bupati Kotim: Perlu dua penyeberangan mobil percepat perekonomian kawasan seberang

Baca juga: Ruko di Sampit terbakar saat direnovasi

Baca juga: Pemkab Kotim dukung mahasiswa kembangkan peternakan

 


Artikel ini bersumber dari : kalteng.antaranews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *