Dosen Unsam Berikan TEMTAR Bagi Pengrajin Gerabah Sanggar Asri

Diposting pada

LANGSA (Waspada): Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Samudra Langsa berikan pelatihan Teknologi Meja Putar (TEMTAR) untuk peningkatan produksi gerabah bagi pengrajin gerabah Sanggar Asri di Gampong Serambi Indah, BTN Seuriget Blok G No. 133, Langsa Barat, kota Langsa, Minggu (11/9).

Tim PKM yang diketuai Setyoko, S.Pd.,M.Pd bersama dua anggota Nurlaila Handayani, S.T.,M.T dan
Ramazan, S.Pd.,M.Pd menghadirkan ketua Sanggar Asri, Aswan S sebagai mitra PKM.

Menurut Setyoko, kegiatan pelatihan Teknologi Meja Putar (TEMTAR) untuk peningkatan produksi gerabah bagi pengrajin gerabah Sanggar Asri merupakan program kemitraan kepada masyarakat, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Di mana, sumber dana kegiatan dari hibah Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun 2022.

Selain itu, program PKM juhamelakukan pendampingan dari sejak Agustus sampai Oktober 2022 mendatang. Tujuan kegiatan pemberikan TEMTAR (Teknologi Meja Putar) untuk peningkatan produksi gerabah yang dihasilkan oleh pengrajin Sanggar Asri.

“Dimana kondisi mitra, penggrajin Gerabah Sanggar Asri masih menggunakan meja putar tradisional (Tidak menggunakan mesin-red) dalam produksi gerbahnya,” sebut Setyoko.

Hasil kegiatan TEMTAR, dengan desain ergonomis, untuk meningkatkan jumlah produksi gerabah dan memberikan ketahanan bagi perkerja (waktu yang digunakan lebih lama-red) membuat gerabah.

Pihaknya berharap melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dapat mendukung Sanggar Asri dalam memproduksi gerabah dalam jumlah besar. “Semoga usaha kerajinan gerabah ini dapat menjadi (pilot project) di Kota Langsa, untuk menjadi central produksi kerajinan gerabah dengan motif khas Aceh,” ungkapnya.

Sementara lanjutan dari kegiatan ini nantinya, Tim Dosen Pengabdian kepada masyarakat (PKM) di September ini, akan melakukan pengembangan E-Commerce (web penjualan online) kerajinan gerabah.

Sementara, Ketua Sanggar Asri, Aswan S menyatakan sangat berterimakasih kepada Tim PKM Dosen Universitas Samudra yang memberikan TEMTAR (Teknologi Mejar Putar) untuk peningkatan produksi Kerajinan di Sanggar Asri.

Baca Juga :   Pernah Sukseskan PON III di Medan, Edy Rahmayadi Ajak RRI Kembali Sukseskan PON XXI Aceh Sumut 2024

“Kegiatan seperti ini, sangat berharga bagi kami untuk mendukung pengembangan usaha industri kerajinan gerabah khususnya di Kota Langsa dan Aceh pada umumnya,” tandasnya.(b13)

Artikel ini bersumber dari : waspada.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *