DPM-Desa Provinsi Jabar, Potensi Desa Cicareuh Unik!! –

Kabarsukabumi.com – Kepala DPM-Desa Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. H. Dicky Saromi, M.Sc., melakukan kunjungan lapangan ke Desa Cicareuh, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, dalam rangka Optimalisasi Potensi Desa, BUMDes, serta Peran Komunitas Dunia Bambu Sukabumi. Kamis (22/9/2022).

Dr. Ir. H. Dicky Saromi, M.Sc. dalam kunjungannya didampingi Kepala Bidang Bina Desa, Asep Nandang Rasadi, S.IP, Kepala Bidang Kelembagaan Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat, Lisa Avianty, M.K.M, serta Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda, Raden Julianto dan Lutfi Erizka, S.I.Kom.

Dalam kunjungannya, Kepala DPM-Desa Provinsi Jawa Barat melakukan peninjauan lapangan ke Kantor Desa Cicareuh, Pabrik Gutta Percha Tjipetir, serta Pendopo KKBK Jabar Banten. Saat kunjungan, rombongan disambut oleh Kepala DPMD Kab. Sukabumi, Kepala Disparbud Kabupaten Sukabumi, Perwakilan PTPN VIII, Camat Cikidang serta Kepala Desa Cicareuh, lalu bersama meninjau kondisi existing Desa Cicareuh Saat ini.

Adapun kunjungan ini dilakukan Kepala DPM-Desa Provinsi Jawa Barat mengingat Desa Cicareuh memiliki potensi unik, diantaranya adalah Bambu serta Wisata Edukasi Sejarah dan Budaya. Untuk Bambu sendiri, Ketua Komunitas Dunia Bambu Sukabumi menyampaikan, bahwa dari 1500 lebih jenis bambu yang ada di dunia, terdapat kurang lebih 152 jenis tersebut berada di Indonesia, dan 76 di antaranya berada di Jawa Barat.

Kabupaten Sukabumi sendiri memiliki 35 jenis bambu, salah satunya adalah Bambu Hitam. Kepala DPM-Desa Provinsi Jawa Barat pun menyampaikan bahwa Kabupaten Sukabumi layak menjadi pusat bambu Jawa Barat dengan berbagai potensi serta hasil olahan yang sudah diproduksi oleh komunitas maupun UKM di Sukabumi.

Selain itu, Kepala DPM-Desa Provinsi Jawa Barat juga mendukung desa serta komunitas dalam pengembangan konsep wisata edukasi sejarah yang berlokasi di Pabrik Gutta Percha Tjipetir dan wisata edukasi budaya di Pendopo KKBK Jabar Banten, mengingat lokasinya yang strategis sebagai jalur alternatif menuju Palabuhanratu serta sebagai persiapan kenaikan mobilitas di desa nantinya dengan adanya jalan tol baru yang akan dibuat.

Dicky Saromi memaparkan, “Bahwa Pabrik Gutta Percha Tjipetir yang sempat viral di Pantai Eropa, memiliki nilai historis yang sangat tinggi karena keberadaannya yang masih exist dari tahun 1885 dan masih berproduksi hingga saat ini, sehingga sangat berpotensi menjadi wisata edukasi sejarah yang maju. Untuk wisata budaya Pendopo KKBK sendiri,” paparnya.

Kepala Desa Cicareuh Ramdan Rustamono, menjelaskan, “Bahwa nantinya Pendopo tersebut akan dijadikan etalase hasil perkebunan desa sekaligus menjadi pusat budaya Desa Cicareuh dengan bekerja sama dengan PTPN VIII dan KKBK Jabar Banten,” jelasnya.

Selain mengunjungi tempat destinasi yang disebutkan sebelumnya, Kepala DPM-Desa Provinsi Jawa Barat diberi kesempatan untuk menanam bibit Bambu di Pekarangan Pendopo KKBK bersama tamu lainnya.

Artikel ini bersumber dari : kabarsukabumi.com.

Tinggalkan komentar