DPRA: Festival Kuliner Ajang Promosi Potensi Aceh Timur

Diposting pada

IDI (Waspada): Festival Kuliner yang dilaksanakan di Kota Idi dan Peureulak, diharapkan menjadi ajang untuk mempromosikan potensi khas dari berbagai kecamatan di Kabupaten Aceh Timur. Selain itu juga bisa menampilkan kebolehan kesenian budaya yang ada di pantai timur Provinsi Aceh.

Demikian dikatakan Ketua Komisi I DPR Aceh, Iskandar Usman Al Farlaky, S.Hi, dalam sambutan pergelaran Festival Kuliner Aceh Timur di Lapangan Upacara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur di Idi, Sabtu (27/8). Kegiatan itu digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, dan bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Aceh Timur.

Menurutnya, masyarakat dapat mengambil sisi positif pergelaran festival itu yang diiringi dengan penampilan seni budaya khas Aceh. Festival tersebut telah menjadi ajang promosi potensi daerah, baik itu dari sisi kuliner, kesenian dan wisata yang ada di daerah itu.

Dikatakannya, berbagai potensi yang ditampilkan dalam Kabupaten Aceh Timur, perlu adanya pengakuan dari pemerintah, seperti produk pisang sale. “Kenapa produk kita terkesan abai, karena karena kita kurang sisi promosi. Padahal, berbagai platform media sosial yang tersedia adalah wahana untuk mempromosikan produk unggulan yang kita miliki,” ungkap mantan aktivis mahasiswa itu.

Karenanya, Iskandar berharap Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Aceh Timur, ke depan mampu membukukan secara digital seluruh potensi wisata dan kuliner yang dimiliki daerah itu. Begitu juga seluruh SKPD agar membantu mempromosikan potensi daerah ini.

“Disaat potensi wisata sudah digarap maksimal, pemerintah hadir membangun fasilitas pendukung, sudah tentu akan menimbulkan multiplier effect, sehingga perputaran ekonomi masyarakat segera bangkit,” sebut politisi PA itu.

Momentum yang singkat itu diharapkan, mampu dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi wisata, kuliner, dan kesenian budaya yang kita miliki agar lebih dikenal oleh publik semakin luas.

Baca Juga :   Ketika Puluhan Wartawan Menikmati Masakan Khas Gayo

“Melalui momen lomba masak ini juga peserta TP PKK dari 24 kecamatan di Aceh Timur, bisa menunjukkan talenta memasaknya untuk meraih sang juara,” demikian Iskandar Usman Al-Farlaky.

Pembukaan Festival Kuliner Aceh Timur ditandai dengan menabuh Rapa’i, Sabtu (27/8). Hadir antara lain Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Evi Mayasari, Asisten ll Setdakab Aceh Timur, Dr Darmawan M Ali ST MISD, Ketua Komisi I DPRA, Iskandar Usman Al-Farlaky, Wakil Ketua TP PKK Aceh Timur, Ny Arfiyah SE T Reza Rizki, Disparpora Aceh Timur, Syahril dan perwakilan Disdikbud Aceh Timur, para camat dan ketua TP PKK se-Aceh Timur. (b11).

Teks Foto: TABUH RAPAI: Ketua Komisi I DPR Aceh, Iskandar Usman Al Farlaky, Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Evi Mayasari, Asisten II Setdakab Aceh Timur, DR Darmawan M Ali, dan pejabat lainnya saat menabuh rapai sebagai tanda dibukanya Festival Kuliner Aceh Timur di Kota Idi, Aceh Timur, Sabtu (27/8). Waspada/M Ishak

Artikel ini bersumber dari : waspada.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *