Dukung Jadi Desa Wisata, Masyarakat Desa Serdang Mendapat Pelatihan Digital Marketing

Diposting pada

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Tim Pengabdian Universitas Bangka Belitung (UBB) memberikan Sosialisasi Desa Wisata dan Pelatihan Digital Marketing kepada masyarakat pada Jumat, (9/9/22) di Kantor Desa Serdang.

Kegiatan melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang mendapat pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknlogi ini bertujuan untuk membuka wawasan masyarakat dan turut berperan dalam mendorong pengembangan Desa Serdang sebagai Desa Wisata.

Tim Pengabdian Universitas Bangka Belitung ini beranggotakan Revy Safitri dan Christianingrum, yang mengangkat tema yang bertajuk Peningkatan Fasilitas Dan Usaha Produktif Melalui Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Serdang.

Anggota Tim Pengabdian UBB, Revy Safitri mengatakan desa Serdang yang terletak di bagian selatan Pulau Bangka, masuk ke dalam kategori wilayah pesisir.

“Sebagai desa yang berada di kawasan pesisir, desa ini memiliki kekayaan alam yang potensial untuk dikembangkan menjadi desinasi wisata,” ujar Revy dalam rilis kepada bangkapos.com, Senin (12/9/2022).

Potensi alam yang dimiliki Desa Serdang antara lain wisata pantai dan mangrove di Kawasan Pantai Tanjung Labun.

“Selain potensi alam di Kawasan Tanjung Labun, Desa Serdang menyimpan potensi wisata budaya yang dapat menambah daya tarik pengunjung. Potensi wisata alam dan dilengkapi potensi wisata budaya yang terdapat di Desa Serdang, mendorong,” katanya.

Kegiatan sosialisasi yang diberikan ini dihadiri oleh Kepala Desa Serdang dan jajarannya serta perwakilan masyarakat.

Pada kesempatan ini, Tim Pengabdian melibatkan dua orang narasumber yang berasal dari Universitas Bangka Belitung, yaitu Muhammad Qomaruddin Ridwan, dan Daniyal Ulyana.

Materi yang disampaikan terkait hal yang dimaksud dengan desa wisata dan bagaimana pengelolaannya. Pengelolaan Desa Wisata yang baik dapat memberikan dampak positif untuk perekonomian masyarakat. Selanjutnya, dilakukan pelatihan digital marketing untuk masyarakat.

Pada materi ini, masyarakat mendapatkan informasi menggunakan sosial media dalam mengenalkan produk maupun jasa yang dilakukan dengan media digital dengan objek bahasan yaitu potensi wisata yang dimiliki Desa Serdang dengan tujuan untuk menjangkau masyarakat luas secara tepat dan relevan mengenal Desa Serdang sebagai desa wisata.

Baca Juga :   Wisata Jambi, Nikmati Alam Bebas dengan Jalan-jalan ke Tahura, Kini Ada Glamping Penunjang Ekowisata

Ketua Pokdarwis Tanjung Labun Doddy Syahrial mengatakan bahwa Desa Serdang khususnya obyek wisata Tanjung Labung telah memiliki media sosial untuk mempromosikan wisata namun dirasa kurang aktif.

“Maka dari hal itu pada kesempatan ini para narasumber turut membantu dengan memberikan strategi dan pengenalan kepada masyarakat dengan harapan tidak hanya pihak Pokdarwis tetapi seluruh masyarakat Desa Serdang dapat mempromosikan desanya melalui setiap akun media sosial pribadi yang dimiliki,” kata Doddy.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)


Artikel ini bersumber dari : bangka.tribunnews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *