Festival Gandrung Rajungan, Maksimalkan Potensi Kuliner Lokal Lamongan

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Untuk memaksimalkan dan mengenalkan potensi kuliner lokal sebagai lokal pride, Lamongan pertama kalinya tahun ini menggelar Festival Gandrung Rajungan yang dipersembahkan kepada masyarakat.

Festival Gandrung Rajungan digelar di Halaman Wisata Bahari Lamongan (WBL) Kecamatan Paciran, Jawa Timur, Selasa (13/9/2022). Ini tak lain karena Paciran sebagai salah satu wilayah pantura Lamongan yang memiliki potensi besar penghasil ikan laut jenis rajungan.

Tak hanya menyediakan seribu porsi rajungan gratis yang disiapkan oleh warga di wilayahnya. Festival Gandrung Rajungan juga dimeriahkan bazar yang diikuti puluhan stand yang berasal dari BUMDes se-Kecamatan Paciran. 

Berbagai produk unggulan di jual, mulai dari batik khas Lamongan, ikan asin, frozen food seafood, kerupuk ikan, petis ikan khas Paciran, ikan asap, minuman dan makanan olahan ikan lainnya.

“Festival Gandrung Rajungan ini sebagai bentuk memaksimalkan potensi-potensi yang ada serta mengenalkan kuliner khas, jajanan khas yang ada di Paciran,” kata Ketua Panitia Festival Gandrung Rajungan Agus Hendrawan. 

Agus berharap Festival Gandrung Rajungan Terbesar yang diikuti warga nelayan di wilayahnya dan BUMDES se-Kecamatan Paciran bisa menarik wisawatan luar kota. 

“Kami berharap tidak hanya masyarakat Paciran saja, tapi dari luar paciran, masyarakat Lamongan secara umum dan masyarakat luar kota untuk datang ke Lamongan,” ujar Camat Paciran. 

Kemeriahan Festival Gandrung Rajungan tahun 2022 ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang datang berkunjung ke halaman Wisata Bahari Lamongan (WBL). 

Melihat hal ini Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengapresiasi ide kreatif dan penuh inspirasi dalam mengangkat potensi lokal yang dimiliki Kecamatan Paciran. 

“Luar biasa, saya terima kasih atas inisiatif para nelayan pantura dan para BUMDes di Kecamatan Paciran atas terselenggaranya festival ini,” ucap Pak Yes. 

Di hadapan masyarakat yang datang ke lokasi Festival Gandrung Rajungan, Pak Yes mengungkapkan, melalui kegiatan semacam ini pantura Lamongan adalah gudangnya rajungan.

Lomba-Rajungan-2.jpg

“Jadi siapa yang ingin menikmati rajungan silahkan datang ke Paciran Lamongan. Apalagi kalau sudah dimasak pasti akan lebih lezat. Semoga dengan festival ini dapat meningkatkan UMKM yang ada di Kabupaten Lamongan,” tuturnya. 

Dikesempatan tersebut Pak Yes juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Rajungan terbesar. Selain itu juga menyerahkan pemberian fasilitas KUR Mikro dari Bank Jatim kepada Fatihul Ihsan. 

Ribuan masyarakat tumpah ruah memadati festival ini, tak hanya menyedot perhatian masyarakat lokal saja, festival yang menyediakan seribu porsi rajungan gratis ini juga menarik perhatian wisatawan luar kota.

Salah satu wisatawan luar kota, Rena warga asli Kota Surabaya yang datang bersama sahabat-sahabatnya untuk ikut merasakan Festival Rajungan terbesar yang ada di Lamongan. 

Meskipun datang terlambat dan tidak kebagian rajungan Rena mengaku senang karena bisa merasakan kemeriahan festival yang berlokasi di WBL ini.

“Saya bersama sahabat-sahabat saya jauh-jauh dari Surabaya untuk bisa mengikuti festival ini, Rajungan Lamongan ini terkenal sangat enak,  meskipun saya tidak kebagian tapi nanti saya bisa membeli yang ada di stand,” ujar Rena.

Rena juga berharap, promosi untuk festival kuliner seperti ini dapat semakin dimaksimalkan lagi sehingga bisa menjangkau masyarakat luas dan semakin menarik perhatian wisatawan luar kota.

Berbeda dengan Rena, Ari warga lokal bahkan datang bersama seluruh anggota keluarganya untuk bisa merasakan meriahnya Festival Gandrung Rajunganuntuk pertama kalinya di Paciran ini. “Anak-anak sangat senang bisa kesini. Saya berharap event-event seperti ini sering dilakukan,” kata Ari. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


Artikel ini bersumber dari : www.timesindonesia.co.id.

Tinggalkan komentar