Festival Prawirotaman Sinergi Pariwisata Kota Yogya Makin Mendunia

Diposting pada

Yogyakarta, Sonora.ID – Festival Prawirotaman kembali digelar pada Sabtu 27 Agustus 2022 di Kota Yogyakarta, yang dimeriahkan dengan kirab budaya, pertunjukan tari, musik orchestra, dan fashion show on the street, di sepanjang Jalan Prawirotaman I dan II sejak sore hingga malam hari.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menyampaikan, pelaksanaan Festival Prawirotaman tahun 2022 bertepatan dengan puncak kunjungan wisatawan mancanegara yang biasanya terjadi pada bulan Juli hingga September.

“Festival Prawirotaman ini merupakan acara rutin tahunan, di mana kali ini adalah yang ke-10. Dengan tema Manunggal Mendunia, yang dimaknai dengan menyatukan dan bersinergi dengan seluruh elemen, agar dapat memberikan kekuatan tambahan supaya Prawirotaman dan Kota Yogyakarta semakin mendunia dikenal oleh wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Baca Juga: Gerakan Indonesia Raya Bergema, Teguhkan Yogya Pelopor Gerakan Kebangsaan

Wahyu Hendratmoko juga mengatakan, Festival Prawirotaman disajikan dengan berbagai macam atraksi seni dan budaya dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada di kawasan Kampung Prawirotaman.

Mulai dari kirab budaya yang diikuti Pasukan Kuda Tunggang, Tari Edan-Edanan, Bregodo Wiratama, Gedrug, Andong, Kapi Terwelu, Perempuan Berkebaya, Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur dan Mahasiswa Sumatera Barat, hingga pertunjukan musik Hellena, Margasatwa, Singgih Sanjaya Orchestra dan fashion show on the street karya Lia Mustafa.

“Pada Festival Prawirotaman ke-10 ini kami menampilkan seluruh potensi seni budaya dan ekonomi kreatif masyarakat yang berada di Kampung Prawirotaman dan sekitarnya yang mendukung industri pariwisata. Harapannya kegiatan ini bisa menghibur dan menginspirasi serta berdampak positif bagi sektor pariwisata Kota Yogyakarta,” tambahnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya dalam sambutannya mengungkapkan, Festival Prawirotaman ke-10 merupakan salah satu bukti nyata perjalanan panjang dari semangat masyarakat Kampung Prawirotaman untuk memajukan pariwisata Kota Yogyakarta.

Baca Juga :   JAM Organizer Sukses Gelar Barabai Jazz Music Camp di Wisata Goa Limbuhang

“Ini adalah bukti bahwa hadirnya Festival Prawirotaman tidak lepas dari semangat masyarakat dalam memberikan kontribusi yang besar pada Pariwisata Kota Yogya. Di mana Kampung Prawirotaman ini menjadi satu magnet daya tarik kawasan wisata yang masyarakatnya juga bersemangat untuk menguatkan nilai serta citra Prawirotaman,” ungkapnya.

Baca Juga: Geliat Kabupaten Bantul Menjadi Daerah Kreatif Berskala Internasional

Aman Yuriadijaya juga mengatakan, dengan adanya Festival Prawirotaman sebagai event reguler maka akan semakin mendorong kekuatan pariwisata Kota Yogya, yang harapannya akan menjadi langkah strategis dalam mendongkrang pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami harap Festival Prawirotaman menjadi sesuatu yang akan terus berlangsung. Apresiasi yang sangat tinggi dengan adanya fetival ini yang juga melibatkan partisipasi berbagai elemen untuk satu tujuan yang sama yaitu semakin memajukan Kota Yogyakarta,” tutupnya.



TERKINI

28 Agustus 2022 13:25 WIB

28 Agustus 2022 13:00 WIB

28 Agustus 2022 12:55 WIB

28 Agustus 2022 12:55 WIB

Artikel ini bersumber dari : www.sonora.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *