FISIP UIN Walisongo Teliti Potensi Wisata Desa Merbuh

Diposting pada

Rombongan Dosen dan Mahasiswa FISIP UIN Walisongo Semarang saat bersama Sekretaris Desa Merbuh, Yoni Hidayatullah. (Foto FISIP UIN)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Rombongan Dosen dan Mahasiswa FISIP UIN Walisongo Semarang melakukan riset mengenai potensi lokal yang ada di Desa Merbuh. Adapun hipotesis yang dikembangkan adalah kontur geografis daerah Merbuh yang memiliki sungai, curug, bukit, dan lain-lain yang sangat potensial untuk dikembangkan dan dijadikan sebagai desa wisata.

Desa merbuh merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah.

“Desa ini memiliki banyak sekali potensi alam karena berada di daerah pegunungan. Potensi alam tersebut diantaranya adalah sungai, curug, bukit, dan lain-lain yang sangat potensial untuk dikembangkan dan dijadikan sebagai desa wisata,” ujar Endang Supriyadi yang memimpin rombongan peneliti dari FISIP UIN Walisongo Semarang, Jum’at (2/9/2022).

Saat kunjungan, Sekretaris Desa Merbuh, Yoni Hidayatullah menjelaskan bahwa Desa Merbuh ini memiliki banyak sekali potensi alam yang bisa dikembangkan diantaranya adalah sungai, curug, dan bukit yang memiliki pemandangan indah dan sangat potensial untuk dijadikan tempat wisata.

“Desa Merbuh juga memiliki banyak lahan perkebunan yang bisa dijadikan central buah-buahan. Selain itu, Desa Merbuh juga memiliki banyak kebun kopi yang dapat diolah sehingga bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi,” jelas Yoni.

Dengan banyaknya potensi lokal tersebut, sayangnya Desa Merubah masih terkendala dengan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Desa Merbuh yang belum mumpuni untuk dapat mengelola dan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki.

Oleh sebab itu, perangkat Desa Merbuh sedang berupaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat dengan pelatihan-pelatihan yang nantinya akan diadakan.

Dalam upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), perangkat Desa Merbuh juga dibantu oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Baca Juga :   Kolotik, Cinderamata di Situs Cagar Budaya Galuh Salawe Ciamis

“Di Desa Merbuh juga ada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang turut bekerjasama untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Desa Merbuh, agar kedepannya masyarakat Desa Merbuh bisa mengolah dan mengembangkan sendiri potensi lokal yang dimilikinya” Ujar Sekertaris Desa Merbuh.

Gagasan perangkat desa untuk mengembangkan potensi lokal yang ada di Desa Merbuh bertujuan untuk meningkatkan roda perekenomian masyarakat Merbuh.

“Gagasan kami untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di Desa Merbuh ini harapannya agar kedepan perekonomian masyarakat dapat lebih meningkat dengan adanya desa wisata di Merbuh” Ujar Sekertaris Desa Merbuh.

Dalam kunjungan tersebut, Sekertaris Desa Merbuh, Yoni Hidayatullah menyampaikan bahwa akan membantu seluruh keperluan riset yang dibutuhkan oleh Dosen FISIP UIN Walisongo beserta mahasiswa.

“Insyaallah saya akan membantu segala keperluan riset yang dibutuhkan. Mungkin dalam kunjungan selanjutnya akan saya ajak pak dosen dan mahasiswa untuk melihat secara langsung lokasi-lokasi di Desa Merbuh yang memiliki potensi alam luar biasa. Selain itu, nanti akan saya ajak juga untuk menemui ketua Pokdarwis dan masyarakat sekitar untuk memperkaya data riset njenengan” Ujar Sekertaris Desa Merbuh.

Endang Supriadi, Dosen FISIP UIN Walisongo menyampaikan ucapan terima kasih karena kunjungannya sudah diterima dengan baik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Yoni Hidayatullah selaku sekretaris Desa Merbuh yang sudah menerima dengan baik kunjungan kami serta mau membantu kami dalam melakukan riset di Desa Merbuh,” tutupnya. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya


Artikel ini bersumber dari : sigijateng.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *