Gali Kearifan Lokal, Nagari Andaleh Gelar Event Andaleh Bungo Expo

Diposting pada

Tanah Datar (SUMBAR), beritaterbit.com – Meskipun tidak masuk sama Progul Satu Nagari Satu Event, Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh tetap bisa melaksanakan Event Nagari demi menggali kearifan lokal dan kekayaan budaya Anak Nagari. Dikemas dalam acara bertajuk “Andaleh Bungo Ekspo”, sukses digelar Sabtu-Minggu (8-9/10/2022).

Atas keberhasilan tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia dan masyarakat Nagari Andaleh yang telah berhasil mengangkat dan menggali kearifan lokal Anak Nagari.

“Walaupun event ini tidak termasuk dalam Satu Nagari Satu Event tatapi Nagari Andaleh tetap menggelar event ini dengan sangat maksimal,” tutur Asisten Pemerintahan dan Kesra, Elizar yang mewakili Bupati Tanah Datar saat membuka secara resmi Andaleh Bungo Expo di Nagari Andaleh.

Elizar mengharapkan, sukses pelaksananaan event tersebut juga diikuti dengan kesejahteraan masyarakat dalam bentuk suksesnya jual beli, perputaran uang selama pelaksanaan acara dan Nagari Andaleh menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi.

Karena sektor pariwisata kata Elizar, merupakan salah satu Program Unggulan di Tanah Datar yang disebut dengan Satu Nagari Satu Event yang maksudnya adalah setiap Nagari di Tanah Datar mempunyai event wisata yang mempunyai nilai tinggi dan diminati wisatawan.

Melalui Satu Nagari Satu Event di nagari juga akan memacu lahirnya sanggar di nagari, olahraga, UMKM hingga terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Diharapkan pada 2023 nanti Andaleh Bungo Ekspo ini bisa masuk kedalam Satu Nagari Satu Event di Tanah Datar,” jelasnya.

Elizar juga mengapresiasi anak Nagari yang juga anggota DPRD Tanah Datar Nova Hendria yang telah mensukseskan acara Andaleh Bungo Expo melalui Dana Pokok Pikiran (Pokir), sehingga Nagari Andaleh telah memiliki DID dan pengembangan wisatanya.

Baca Juga :   16 Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan yang Masih Alami

Sementara itu Anggota DPRD Tanah Datar Nova Hendria mengatakan atas nama masyarakat Nagari Andaleh mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati dan seluruh undangan atas ke hadirannya di Nagari Andaleh.

Nova Hendria menceritakan, lahirnya ide Andaleh Bungo Expo berawal karena kearifan lokal anak Nagari yang berjualan bunga, bahkan bunga itu dijual sampai ke Aceh dan Lampung.

Karena potensi yang dimiliki tersebut, kemudian mindset tersebut dirubah, dari awalnya memasarkan ke luar daerah menarik orang tersebut untuk datang ke Nagari Andaleh.

“Namun berkat dukungan dari Dinas Pertanian waktu itu, di Nagari Andaleh dibuatlah taman-taman bunga dan itu berhasil menarik orang datang berkunjung ke Andaleh ini,” katanya.

Nova juga mengatakan berbagai macam tanaman hias khususnya bunga di dataran tinggi ada di Nagari Andaleh.

Ia berharap, dengan adanya wadah Andaleh Bungo Ekspo agar tidak ada lagi anak muda di Nagari Andaleh untuk malu berjualan bunga.

“Jangan malu lagi berjualan bunga, mari kita mencoba memahami potensi lokal, kita tidak malu lagi karena ini bisa mendatangkan uang,” harapnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Andaleh Bungo Ekspo Angku Ladang menyampaikan, adapun dasar pelaksanaan Andaleh Bungo Ekspo didasari dengan telah ditetapkannya Nagari Andaleh tentang agrowisata oleh gubernur dan bupati Tanah Datar

Andaleh Bungo Ekspo akan dilakukan selama dua hari Sabtu-Minggu (8-9/10) dengan bermacam kegiatan, diantaranya pameran bungo, kerajinan dan UMKM, kuliner, dan olahraga.

“Dan tidak kalah seru adalah gowes jelajah alam Nagari Andaleh yang diikuti ratusan peserta dari Aceh, Bengkulu, Riau, Jambi dan Sumbar,” katanya. (MR)

Artikel ini bersumber dari : www.beritaterbit.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *