Galih Sediakan Nasi Liwet, Bakso, dan Es Goyobod yang Disajikan dalam Batok Kelapa di Pangandaran

Diposting pada

SIAPA tak tahu dengan masakan nasi liwet? hidangan kuliner khas Sunda ini tentu terkenal di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. 

Namun, berbeda dengan nasi liwet lainnya. Di Pangandaran, sekarang ada kuliner nasi liwet yang disajikannya dengan menggunakan batok kelapa.

Batok kelapa ini, tentu bukan dari batok kelapa yang sudah tua. Tapi, batok kelapa yang masih muda dan juga masih memiliki daging atau orang Sunda biasa disebut dengan dawegan. 

Menu bakso dalan batok kelapa di Dusun Bojongkarekes, Desa Babakan, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran.
Menu bakso dalam batok kelapa di Dusun Bojongkarekes, Desa Babakan, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran. (Tribun Jabar/Padna)

Usaha kuliner dengan ciri khas batok kelapa ini, milik pria bernama Galih Ginanjar (35) warga di Dusun Bojongkarekes RT 4/13 Desa Babakan, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran.

Galih  Ginanjar dibantu istrinya, menjalankan usaha kuliner tersebut dengan konsep home service. Jadi, setiap orang yang ingin menikmati hidangannya harus memesan terlebih dahulu.

Baca juga: Sup Iga Sapi Lezat di Padaherang, Pangandaran Ini harganya Hanya Rp 10 Ribu Seporsi

Meskipun di tempat jualan terlihat biasa, tapi usaha kuliner khas batok kelapanya ini cukup diminati para pelanggannya. Termasuk, wisatawan yang menginap di hotel maupun homestay.

Selain nasi liwet batok kelapa, Galih Ginanjar juga menyediakan baso batok kelapa dan es goyobod batok kelapa 2022. Tentu, semua hidangan makanan tersebut cara menyajikannya dengan menggunakan batok kelapa.

Baca juga: Teh Icha Belajar Bikin Kebab dari Youtube, Kebab Sayurnya Kini Paling Laris di Pangandaran

Harga per porsinya bervariatif, untuk hidangan nasi liwet batok kelapa hanya dibanderol Rp 15 ribu plus peda merah. 

Kalau harga baso batok kelapa, dibanderol Rp 13 ribu sampai Rp 20 ribu yang tentu dengan topping sayap, ceker dan kuah yang menggunakan kuah sapi. 

Baca juga: Menu Entog Cabe Garam Jadi Juara di Rumah Makan Dapur Ngebul Buncila Kalipucang, Pangandaran

Baca Juga :   Sekda: Literasi Digital Dorong Sumberdaya Manusia yang Berdaya Saing

Adapun harga es goyobod batok kelapa 2022 hanya dibandrol dengan harga Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu per porsi.

Galih Ginanjar menyampaikan, hidangan nasi liwet batok kelapa, bakso batok kelapa, dan es goyobod batok kelapa merupakan produk dari cocopan (coconut Pangandaran).

Baca juga: Sate Maranggi Khas Pangandaran Buatan Umi, Rasanya Enak dan Dagingnya Empuk

“Awalnya, kami dari suplai kelapa muda. Tapi, kami inovasikan kelapa muda ini yang ready to drink. Artinya, si pelanggan tidak usah repot-repot mengupas lagi di rumahnya. Untuk itu kamia menyediakan home service seperti ketiga hidangan tadi,” ujar Galih Ginanjar saat ditemui Tribunjabar.id di rumahnya, Jumat (23/9/2022) siang.

Menurutnya, untuk rasa sebenarnya nasi liwet sudah familiar karena ada di berbagai daerah dengan cirinya masing-masing.

Baca juga: Minuman Bajigur Banyak Dicari Warga di Pangandaran, Pengganti Kopi

“Nah, untuk nasi liwet ini pokoknya khas Sunda banget. Karena, full dengan perlengkapannya seperti salam, sereh, bawang merah, ada tomatnya, topping ikan peda merahnya, kemudian ada cabe merahnya juga untuk penghangat. Dan jangan lupa, yang menjadi ciri khasnya ini gurihnya dari air santan kelapa biar selain wangi juga tekstur nasinya lembut,” katanya.

Selain ketiga hidangan tersebut, ia juga menyediakan keripik kelapa dengan berbagai macam rasa. Di antaranya, rasa gula aren, rasa pandan, dan rasa original kelapa.

Baca juga: Menikmati Kuliner Khas Pangandaran, Pindang Gunung di Ombak Restaurant The Allure Villas

Galih Ginanjar menyarankan, jika calon pelanggan atau wisatawan yang berada di Pangandaran dan ingin menikmati hidangan masakannya bisa  menghubungi nomor 081320094256 atau langsung ke rumahnya.

“Rasanya enak, lezat, gurih dan pastinya akan ketagihan,” ucapnya. (Tribun Jabar/Padna)

Baca Juga :   Sebanyak 182 Mahasiswa Ikuti Yudisium XIX


Artikel ini bersumber dari : tribunjabartravel.tribunnews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *