Gamelan, Alat Musik Indonesia Yang Mendunia

Diposting pada

Alat musik Indonesia memang penuh dengan warna. diantaranya, gamelan menjadi salah satu yang popular dan cukup sering dikolaborasikan ke dalam sebuah lagu modern.

Lagu Lathi, karya Weird Genius yang memakai musik gamelan khas Bali. Selain Weird Genius, ada juga musisi yang sedang naik daun dengan lagunya yang berjudul Asmalibrasi dari Soegi Bornean yang menggabungkan musik Jawa dan Kalimatan.

Rapper wanita asal Inggris bernama Mia Matangi, menampilkan tarian Ratoh Jaroe khas Aceh pada barunya.

Dalam video teaser yang dia unggah di Instagram terlihat cuplikan sekelompok penari dengan pakaian adat yang sedang beraksi di atas helipad.

Tarian yang berirama tersebut menjadi musik latar saat Mia bermain dengan kata – kata.

Banyak orang yang jatuh cinta dengan keragaman musik tradisional di Indonesia dan banyak turis mancanegara yang mempelajarinya.

Bahkan di Negara Inggris terdapat pusat pembelajaran kesenian alat musik angklung dan gamelan.

Gamelan merupakan, musik tradisional Indonesia yang telah mendunia. Alat tersebut berasal dari kata “Gamel” dalam bahasa Jawa artinya memukul atau menabuh, sedangkan akhiran “an” merujuk pada kata benda.

Secara keseluruhan bisa dimaknai sebagai seperangkat alat musik yang dimainkan dengan cara ditabuh atau dipukul.

Alat musik ini, banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia, tetapi istilah Gamelan Jawa mengacu pada gamelan di Jawa Tengah secara umum.

Alat musik tersebut diduga sudah dikenal di Jawa sejak tahun 326 Saka atau sekitar 404 masehi. Pada umumnya alat musik tersebut dipakai untuk mengiringi pagelaran wayang dan pertunjukan tari.

Dalam perkembangannya gamelan Jawa kemudian berdiri sendiri sebagai sebuah pertunjukan musik, lengkap dengan penyanyi yang disebut sinden.

Gamelan Jawa juga diperdengarkan sebagai alunan musik pengiring pengantin di keraton-keraton Jawa dan sampai saat ini masyarakat Jawa masih menggunakan gamelan sebagai pengiring acara resepsi pernikahan.

Baca Juga :   DMC DD Tingkatkan Mitigasi Bencana di Pesisir Pacitan - KBK

Secara tradisional, masyarakat jawa meyakini bahwa alat musik ini adalah diciptakan oleh dewa. 

Sang Hyang Era Saka adalah dewa yang diyakini sebagai pencipta gamelan itu, selain itu juga dipercaya sebagai dewa yang menguasai semua Tanah Jawa dengan istananya yang ada di daerah Gunung Mahendra (sekitar Gunung Lawu), daerah Medang Kamulan

(Editor: Abdul Hadi)

Latest posts by Abdul Hadi (see all)

DIBACA: 12

Artikel ini bersumber dari : mediabanten.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *