Geliat Kolotik Alat Musik Baru dari Ciamis yang Unik

Diposting pada

Ciamis

Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis sukses menggelar konser kolotik pertama kali. Kolotik ini merupakan alat musik baru hasil pengembangan dari cinderamata asal Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Konser kolotik ini dikolaborasikan dengan angklung dan marching band. Konser digelar di Gedung Kesenian Ciamis, Rabu (29/6/2022).

Ada beberapa lagu yang dibawakan mulai dari Indonesia Pusaka, Sorban Palid, Bubuy Bulan, Can’t Stop, Bengawan Solo, dan Fallin in Love With You. Ada juga lagu pop seperti Asal Kau Bahagia milik Armada, Cinta Terbaik, dan Aku Bukan Jodohnya. Yang paling menarik perhatian penonton adalah lagi Ciamis Manis.



Alat musik kolotik ini singkatan dari kolotok leutik (kecil). Kolotok adalah alat yang biasa dipakai pada hewan kerbau atau sapi. Pemkab Ciamis telah mematenkan kolitik ini melalui Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) sebagai seni umum pada 2020 lalu oleh Kemenkumham.

Hal ini sesuai dengan UU Pemajuan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2017 untuk melindungi mengembangkan, memanfatkan dan membina seni sebagai objek pemajuaan tradisi budaya sebagai kekayaan karya seni musik kolotik khas Kabupaten Ciamis.

Kabid Budaya Disbudpora Ciamis Muharam Ahmad didampingi Pamong Budaya Ahli Muda Eman Hermansyah menjelaskan, Seni Kolotik diciptakan Abah Nani dan Abah Latif Adiwijaya, B.Sc dari Paguyuban Galuh Midang yang dipimpin Iswanto.

Konser kolotik.Konser kolotik. Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar

Kolotok berasal dari Dusun Tunggalrahayu, Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jabar. Sedangkan seni kolotik merupakan bentuk pengembangan dari kolotik, yaitu kolotok leutik alias kolotok kecil pada tahun 2013.

“Mulanya sebagai merchandaise atau buah tangan seni karya dari bahan batok kelapa khas Cimaragas. Kemudian pada tahun 2019 atas gagasan Kadisbudpora Erwan Darmawan dan Sekdis Iing Ahmad Rifai, kolotik dikembangkan menjadi alat musik tradisional kolotik yang bunyinya khas dan unik,” ungkapnya.

Baca Juga :   Perbaikan Gedung Merdeka yang Sering jadi Objek Kunjungan Wisatawan Sesuai Aturan Cagar Budaya

Simak Video “Momen Anggota DPRD Garut Ngamuk, Gebrak Meja-Banting Mic saat Rapat
[Gambas:Video 20detik]

Artikel ini bersumber dari : www.detik.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *