Gempa Terkini Mengguncang dari Nias Selatan, Kejutkan Warga di Agam

Diposting pada

TEMPO.CO, Jakarta – Gempa terkini mengguncang dari Nias Selatan, Sumatera Utara. BMKG mencatatnya berkekuatan Magnitudo 5,1 dengan episentrum di darat, tepat di Pulau-Pulau Batu Timur, 100 kilometer tenggara Nias Selatan. Gempa dari kedalaman 32 kilometer itu terjadi pada Selasa, pukul 14.53 WIB.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng,” kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis yang dibagikannya kemudian.

Gempa disebutkan tak berpotensi tsunami. Namun, berdasarkan estimasi, gempa itu menimbulkan guncangan di Pulau-Pulau Batu Timur dengan skala intensitas IV-V MMI. Ini artinya getaran dirasakan hampir semua penduduk di wilayah itu, orang banyak terbangun. Sedangkan di Pulau-Pulau Batu Utara akan merasakannya pada skala intensitas III-IV MMI yang juga bisa dirasakan orang banyak di dalam rumah.

Guncangan semakin lemah dirasakan di daerah Kota Teluk Dalam, Kota Panyabungan, dan Kota Gunung Sitoli. Lalu juga di daerah Kota Padangsidempuan dan Sipirok. 

Namun laporan dari Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyebutkan guncangan gempa itu sangat terasa hingga membuat sebagian aparatur sipil negara (ASN) berhamburan dari dalam kantornya. “Saya langsung ke luar kantor mencari lokasi lebih aman dan guncangan gempa hanya sebentar,” kata Orcit, seorang di antaranya.

Lokasi titik gempa di Nias Selatan, Sumatera Utara, Selasa 11 Oktober 2022. Foto/Twitter/@infoBMKG

Warga Lubukbasung lainnya, Afrida (38), juga mengatakan bisa merasakan gempa yang sama. Afrida juga memastika tidak ada bangunan tempat tinggal di lingkungannya yang sampai terdampak. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Ichwan Pratama Danda, mengatakan yang sama. “Belum ada laporan kerusakan dan anggota masih melakukan pendataan,” katanya. 

Baca Juga :   Bupati Bangga Tapanuli Utara Dipilih SMSI Tujuan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba HPN 2023 · Faktabanten.co.id

ANTARA

  


Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik  bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


Artikel ini bersumber dari : tekno.tempo.co.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *