Goa Batu Cermin Labuan Bajo Akan Dibuka untuk Wisatawan

LABUAN BAJO, KOMPAS.com – Goa Batu Cermin di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), berencana dibuka kembali untuk wisatawan.

“Pak Menteri Parekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) sudah tindak lanjuti,” kata Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, kepada awak media di Labuan Bajo, Rabu (14/9/2022).

Baca juga:

Ia berharap agar dalam beberapa hari ke depan akan ada rapat dengan kementerian terkait, di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri.

“Untuk segera pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Keuangan, selesaikan proses administrasinya agar aset ini tidak tercatat lagi di pemerintah pusat, tapi diserahkan kepada pemerintah daerah,” tambahnya.

Baca juga: Warga Pertanyakan Wisata Goa Batu Cermin Labuan Bajo yang Masih Tutup, Meski Pembangunan Rampung

Selain itu, ia melanjutkan bahwa Goa Batu Cermin akan segera dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bidadari dalam waktu dekat.

“Kita akan pastikan ini akan dikelola oleh pihak profesional, termasuk di dalamnya BUMD Bidadari,” katanya.

Kompas.com/Nansianus Taris Foto : Pintu gerbang destinasi wisata Goa Batu Cermin di Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, masih tutup, pada Rabu (24/4/2022).

Edistasius menjelaskan bahwa ia sudah bertemu dengan anggota DPR RI Komisi X yang membidangi Kepariwisataan.

Dalam pertemuan tersebut, dirinya menyampaikan soal aset yang sudah dibangun, tetapi sampai sekarang belum dimanfaatkan, termasuk Goa Batu Cermin.

“Saya sampaikan, untuk apa dibangun tapi tidak dimanfaatkan itu yang pertama. Yang kedua, Pak Menteri Pariwisata sudah tindaklanjuti terkait penyerahan sementara. Mudah-mudahan dalam satu dua hari ini ke depan,” katanya. 

Baca juga:

Menurutnya, Goa Batu Cermin adalah spot wisata andalan di Labuan Bajo yang selama ini dirindukan oleh wisatawan dan masyarakat.

Untuk diketahui, dilaporkan Kompas.com, Sabtu (23/4/2022), Goa Batu Cermin masih tutup hingga saat ini, meski pembangunan sarana dan prasarana oleh Kementerian PUPR sudah rampung pada akhir 2021.

Baca juga: Goa Batu Cermin di Labuan Bajo Akan Jadi Tempat Side Event G20

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari : travel.kompas.com.

Tinggalkan komentar