Grebek suro Jaranan Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu

Diposting pada

Rejang Lebong (Bengkulu)
Kompas 86.com – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Hijriyah 01 Muharram 1444H/2022M
Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu Kabupaten Rejang Lebong tadi pagi menggelar kegiatan Grebek suro  dimana kegiatan tadi di hadiri langsung oleh gubernur Bengkulu dan Bupati Rejang Lebong dan unsur Forkopimda, Minggu 28/8/2022.

Dari hasil pengamatan jurnalis Kompas 86.com dilapangan, Gubernur Bengkulu Dr.drh.H.Rohidin Mersyah,MMA,secara langsung menghadiri dan membuka kegiatan Grebek Suro di Lapangan Desa Sambirejo kecamatan Selupu Rejang,Kegiatan tersebut juga di hadiri Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong dan serta diikuti juga unsur Forkopimda.

Untuk diketahui tujuan dan maksud dari kegiatan Grebek Suro ini sendiri antara lain untuk melestarikan budaya Jawa yang ada di provinsi Bengkulu yang kedepannya diharapkan mampu menjadi salah satu distinasti Wisata Budaya di provinsi Bengkulu dan kabupaten Rejang Lebong Serta diharapkan kegiatan Grebek Suro ini mampu menjadi alat pemersatu lintas etnis sebagai wujud kebhinekaan tunggal Ika.

Dilain sisi, ketua panitia penyelenggara kegiatan Dedi Susanto mengatakan sebanyak 33 anggota grup kesenian kuda lumping ikut serta dalam kegiatan, Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan baik serta hatur terima kasih kepada Bapak Gubernur  Bengkulu dan Bapak Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong yang berkenan hadir dan membuka secara resmi kegiatan ini.

Perlu kami sampaikan bahwa, kami melaksanakan kegiatan ini dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-77 dan satu suro Hijriyah atau 2022 Masehi. Ada juga kegiatan  yang kita laksanakan meliputi, rampok pecut, tarian kolosal Pegon, rampok Barong, tarian kolosal sentewere dan tarian yg lainya semoga kegiatan ini bisa didukung penuh oleh pemerintah kabupaten Rejang Lebong dan pihak lainnya. (Prida kompas86.com)

Baca Juga :   Destinasi Wisata Saksi Perjuangan Kemerdekaan Indonesia


Artikel ini bersumber dari : www.kompas86.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *