Guberbur Kalbar melepas Kontingen Kwarda Kalbar dalam PERANSAKA Nasional 2022. – Tribun Tipikor Media Online

Diposting pada

Pontianak, Kalbar, tribuntipikor.com

Apel pelepasan secara resmi kontingen Kwartir Daerah Kalimantan Barat yang akan mengikuti Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peransaka) di Bangka Belitung, dilangsungkan secara khidmat di Aula Pendopo Gubernur Kalbar (29/09). Dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Ka Mabida) Kalbar, Gubernur, Sutarmidji.

Kegiatan yang akan dilangsungkan pada 2 sampai dengan 9 Oktober 2022 tersebut merupakan kegiatan gerakan pramuka nasional yang mempertemukan tingkatan pramuka penegak dan pandega dalam bentuk perkemahan besar yang terhimpun dalam satuan karya pramuka. Bertempat di Bumi Perkemahan Depati Amir, Provinsi Bangka Belitung yang diikuti oleh 1300 peserta penegak dan pandega dari 11 Satuan Karya (Saka) Pramuka.

Gubernur Sutarmidji, sekaligus Ka Mabida Gerakan Pramuka Kalbar dalam sambutannya berpesan kepada seluruh anggota kontingen bahwasanya, selaku perwakilan Kalimantan Barat dalam sebuah pertemuan nasional, Sutarmidji meminta untuk menunjukkan sisi terbaik dan menjadi tauladan untuk peserta lain.

“Pada perkemahan nanti, kalian akan bertemu dengan peserta dari 34 provinsi, karakter yang kalian hadapi pastilah berbeda satu sama lain, oleh karena itu, tunjukkan sisi terbaik dari diri kalian pada saudara – saudara perkemahan, maka dengan demikian, karakter kalian akan menjadi tauladan bagi peserta lainnya”, papar Ka Mabida, Sutarmidji dalam sambutannya.

Pada kesempatan sambutan tersebut, Gubernur Kalbar, Sutarmidji juga menyampaikan harapannya kepada gerakan pramuka Kwartir Daerah Kalimantan Barat untuk bisa memaknai pola perkembangan pembangunan dan mampu terlibat aktif membantu menyukseskan program yang sedang dilakukan.

“Saya berharap baik kepada personal dan Kwartir Daerah Kalbar, bisa melihat dengan jeli ritme pembangunan Kalimantan Barat, kita ambil contoh misalnya, program percepatan desa mandiri dengan 54 indikator yang selama ini sangat dekat dan secara lazim dilakukan oleh gerakan pramuka, jadi kami berharap, pramuka di Kalbar dapat terlibat aktif mendukung pencanangan desa mandiri tersebut untuk bisa lebih maksimal”, sambung Gubernur Sutarmidji.

Baca Juga :   Gubernur Ajak Generasi Muda Jadi Produktif, Terampil, Responsive dan Berdaya Guna

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat akan mengikutsertakan yang tergabung dalam kontingen daerah Kalimantan Barat adalah 32 orang, yang terdiri dari pimpinan kontingen daerah, 5 orang, pembina setiap Saka, 9 orang dan peserta dari unsur Satuan Karya berjumlah 18 orang.

Untuk ikut serta dalam kegiatan Peransaka ini, Gerakan Pramuka Kwarda Kalbar selama persiapan didukung secara langsung oleh Pemprov. Kalbar, Dinkes. Kalbar dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kalbar.

Ketua Kwarda Kalbar, Syarief Abdullah menjelaskan kepada awak media bahwa dengan keikutsertaan ini, gerakan pramuka kalbar dapat menunjukkan dan menggaungkan Kalbar di kancah gerakan pramuka level nasional. “Kontingen yang berangkat ini, bisa membawa nama Kalbar, paling tidak di sana dapat memberikan informasi gambaran terkait Kalimantan Barat, termasuk gerakan pramuka kita di daerah”, jelasnya, usai upacara pelepasan di Pendopo Gubernur.

“Kegiatan Peransaka ini merupakan perkemahan dari berbagai macam Saka, sehingga tentu akan sangat multi kegiatannya sesuai dengan ciri khas ke-Saka-annya, dan saya pikir, peran satuan karya ini sangat strategis dalam rangka untuk mencetak, mendidik anak – anak muda kita ke depan dalam berperan serta aktif di pembangunan sosial kemasyarakatan, misalya di Saka Wana Bhakti yang bergerak di bidang kehutanan, dan Saka Bhayangkara yang tentunya fokus terbesarnya kepada Kamtibmas”, lanjut Syarief Abdullah, selaku Ka Kwarda Kalbar. (Run/oz)

Artikel ini bersumber dari : tribuntipikor.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *