Hari Lingkungan Hidup, SKK Migas PetroChina Ltd Gelar Seminar Zero Waste Satu Bumi untuk Masa Depan 

Diposting pada

TRIBUNJAMBI.COM – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022, SKK Migas PetroChina Ltd. menggelar seminar Zero Waste, Satu Bumi Untuk Masa Depan, berlangsung di Swiss-Belhotel Jambi, Sabtu (27/8/2022). 

Seminar Zero Waste, Satu Bumi Untuk Masa Depan ini dihadiri mahasiswa/i universitas di Jambi, Hardian Citra Dini selaku HSE Supervisor dan staff PetroChina Jabung Ltd. 

Seminar ini mengundang dua narasumber yakni James Evert Adolf Liku, S.T.,M.K.K.K.,Dr.© Lead Asesor & Auditor LSP Lalinsa, dan Santoso,SE, Ketua 2 DPP Perkumpulan Pengelola Sampah dan Bank Sampah Nusantara. Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanjung Jabung Timur, Alfajri ST.,ME, bertindak sebagai moderator.

dr Frans Henny M.K.K, HSE Superintendent SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd
dr Frans Henny M.K.K, HSE Superintendent SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd (istimewa)

dr. Frans Henny, M.K.K., HSE Superintendent SKK Migas PetroChina Jabung Ltd., mengatakan kegiatan ini rangkaian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup yang memang setiap tahun dirayakan. Tema yang dipilih untuk kegiatan ini sama dengan yang diusung Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). 

Frans menyebut SKK Migas PetroChina Jabung Ltd memiliki perhatian khusus terhadap lingkungan hidup, salah satunya masalah sampah.

Baca juga: SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd Gelar Donor Darah Dalam Rangka HUT ke-77 RI

“Karena itu hari ini kami menggelar seminar dengan tema Zero Waste Satu Bumi Untuk Masa dimana undangannya dikhususkan untuk adik-adik mahasiswa agar kepedulian kita terhadap lingkungan dimulai dari sel yang terkecil dari lingkungan kita sendiri dan juga dari adik-adik mahasiswa,” ujar Frans, Sabtu (27/8/2022).

dr Frans Henny M.K.K, HSE Superintendent SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd memberikan cinderamata pada narasumber.
dr Frans Henny M.K.K, HSE Superintendent SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd memberikan cinderamata pada narasumber. (istimewa)

Ke depan pihaknya mendorong mahasiswa/i menjadi kreatif dan inovatif dalam melakukan pengelolaan sampah demi diri sendiri dan lingkungan sekitar dengan menerapkan gaya hidup zero waste dengan konsep 3R ( Reduce, Reuse, Recycle). 

Serta melakukan aksi-aksi peduli lingkungan guna melawan Indonesia darurat sampah dengan 7 aksi sederhana, yakni selalu membawa botol minum sendiri, membawa kotak makanan sendiri, membawa tas belanja sendiri, tidak lagi menggunakan sedotan plastik, menggunakan produk yang dikemas dengan katon/kardus, dan belajar cara daur ulang plastik.

Baca Juga :   Desa Wisata Pentagen Jambi, Punya Taman Wisata Air Halaman all

Baca juga: SKK Migas PetroChina Jabung Ltd Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Melalui Peternakan Kambing Etawa

“Harapan terbesar kami, kita sama-sama menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan bukan hanya sebagai perusahaan tapi juga individu, kita mulai dari diri masing-masing artinya kesadaran untuk mengurangi sampah plastik dan ini sejalan dengan program dari pemerintah daerah sendiri. Intinya kita sama-sama ingin membangun kepedulian kita bersama terhadap lingkungan hidup dengan cara mengurangi sampah plastik yang tidak bisa didaur ulang,” tegas Frans.

dr Frans Henny M.K.K, HSE Superintendent SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd memberikan cinderamata pada narasumber.
dr Frans Henny M.K.K, HSE Superintendent SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd memberikan cinderamata pada narasumber. (istimewa)

Santoso dalam seminar ini menyampaikan materi tentang perilaku manusia terhadap pengelolaan sampah, regulasi, peran serta dan aspek-aspek yang mendukung pengelolaan sampah. 


Artikel ini bersumber dari : jambi.tribunnews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *