Indahnya Gili Rengit di Lombok, Air Lautnya Sebening Kaca

Gili yang dalam bahasa sasak (Lombok) berarti pulau kecil selalu bisa menjadi magnet bagi wisatawan yang datang berlibur ke Pulau Lombok. Di daerah bagian Sekotong, Kabupaten Lombok Barat terdapat sejumlah Gili yang memiliki pesonanya tersendiri, salah satunya ialah Gili Rengit.

Gili ini tidak seramai Gili Trawangan atau Gili Air yang ada di Kabupaten Lombok Utara. Padahal, gili ini juga menyimpan keindahan bawah laut yang tak kalah menarik. Gili ini tidak banyak dimasukkan dalam paket wisata para pelaku perjalanan wisata. Sebab gili ini tidak dipromosikan seperti Gili Trawangan.

Seperti apa istimewanya Gili Rengit, yuk kita simak pembahasan berikut ini!

1. Pesona GIli Rengit 

dok. pribadi/Eka Fitriani

Pantai dan Gili yang ada di daerah Sekotong, Kabupaten Lombok Barat terkenal akan keindahan alam bawah lautnya, airnya yang masih jernih, pantai yang masih bersih serta suasana yang tenang dan damai.

Gili di daerah tersebut tidak seramai Gili Tramena (Trawangan, Meno, Air) yang ada di Kabupaten Lombok Utara. Gili ini sangat cocok bagi yang ingin healing tapi tak suka keramaian.

2. Asal Usul Nama Gili Rengit

Indahnya Gili Rengit di Lombok, Air Lautnya Sebening Kacadok. pribadi/Eka Fitriani

Nama Gili Rengit berasal dari bahasa sasak yang berarti nyamuk. Menurut keterangan masyarakat setempat, pulau kecil ini menjadi tempat berkumpulnya nyamuk-nyamuk terlebih saat musim hujan.

Dari situlah nama Gili Rengit berasal. Warga setempat memberi gili ini nama Gili Rengit dan kini sudah dikenal oleh wisatawan lokal.

Baca Juga: Mengenal Ragam Fauna Taman Nasional Gunung Rinjani, Apa Saja? 

3. Perjalanan ke Gili Rengit

Indahnya Gili Rengit di Lombok, Air Lautnya Sebening Kacadok. pribadi/Eka Fitriani

Untuk menuju ke Gili Rengit, rute perjalanan yang ditempuh jika wisatawan start dari Kota Mataram adalah Mataram-Gerung-Lembar-Pelangan, Kabupaten Lombok Barat dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 2,5 jam dengan kendaraan bermotor.

Rasa lelah di perjalanan seakan hilang ketika sampai di gili ini. Sebab pemandangannya yang menakjubkan dan memanjakan mata.

4. Menyeberang ke Gili Rengit

Indahnya Gili Rengit di Lombok, Air Lautnya Sebening Kacadok. pribadi/Eka Fitriani

Pelangan merupakan daerah di Sekotong, Kabupaten Lombok Barat yang memiliki banyak pilihan dermaga kecil yang melayani penyeberangan ke Gili yang ada di Sekotong, termasuk Gili Rengit.

Perjalanan menuju ke Gili Rengit dilanjutkan dengan perahu bermesin dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Warga di sekitar gili ini juga sangat ramah. Sehingga perjalanan menuju Gili Rengit terasa lebih menyenangkan.

5. Cara Cepat Menuju Gili Rengit

Indahnya Gili Rengit di Lombok, Air Lautnya Sebening Kacadok. pribadi/Eka Fitriani

Gili Rengit bisa ditempuh hanya beberapa menit dari Gili Layar karena lokasinya sangat berdekatan. Tips yang bisa dicoba bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Gili Rengit adalah dengan mengunjungi Gili Layar terlebih dahulu dan dapat menghabiskan malam dengan menginap di Gili Layar.

Kemudian saat pagi atau siang hari bisa melanjutkan trip ke Gili Rengit sembari kembali pulang menuju pelabuhan. Ini dapat diartikan sebagai sambil menyelam minum air, karena dalam satu kali perjalanan dapat mengunjungi dua destinasi sekaligus.

6. Kegiatan Seru di Gili Rengit  

Indahnya Gili Rengit di Lombok, Air Lautnya Sebening Kacadok. pribadi/Eka Fitriani

Hal yang dapat membuat terkesan saat pertama kali berkunjung ke Gili Rengit adalah airnya yang begitu jernih, bening seperti kaca sehingga dpaat terlihat jelas ikan-ikan yang berenang di kedalaman.

Oleh karena itu, bermain air seperti berenang, snorkeling dan diving jadi kegiatan favorit. Selain itu pengunjung juga bisa memancing sebab banyak ikan berkeliaran di lokasi ini. Ada sebuah dermaga yang menjadi lokasi memancing favorit para pengunjung. Hammocking juga bisa menjadi pilihan lain karena banyak terdapat pohon rindang yang bisa dimanfaatkan berayun.

7. Tips ke Gili Rengit  

Indahnya Gili Rengit di Lombok, Air Lautnya Sebening Kacadok. pribadi/Eka Fitriani

Gili Rengit tidak seperti Gili Layar yang memiliki fasilitas penginapan. Jadi kalau ingin berlama-lama dan bermalam, bisa membawa alat kemah sendiri. Jangan lupa juga bawa bekal makanan, karena di sini tidak ada yang menjual makanan. Buat yang ingin bermain air, jangan lupa membawa peralatan sendiri seperti pelampung atau alat snorkeling.

Itulah info menarik tentang Gili Rengit yang bisa menjadi referensi liburan kamu berikutnya. Gimana, apakah kamu tertarik mengunjungi Gili Rengit?

Baca Juga: Mengenal Kekayaan Alam Flora Taman Nasional Gunung Rinjani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


Artikel ini bersumber dari : ntb.idntimes.com.

Tinggalkan komentar