Info, Alamat, dan Harga Kuliner Enak Khas Sukabumi yang Wajib Dicoba

JawaPos.com – Kawasan Sukabumi merupakan suatu wilayah kecil yang berada di Provinsi Jawa Barat. Namun, kota ini tidak hanya menawarkan wisata alam saja. Kota Sukabumi juga memiliki berbagai macam kuliner khas dengan harga yang terjangkau dan pastinya ramah di kantong.

Jika anda berlibur ke Sukabumi, wajib banget untuk menikmati makanan-makanan khas Sukabumi. Mulai dari makanan berat, cemilan, hingga makanan yang berkuah. Makanan itu juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi orang di rumah.

Kawasan Sukabumi cukup dekat dengan Jakarta dan Bandung. Bisa jadi alternatif liburan selain menuju Puncak, Bogor. Kulineran di Sukabumi ini sangat cocok banget untuk anda yang ingin berlibur di hari akhir pekan. Bagi kamu yang ingin kulineran dengan harga ekonomis, kawasan Sukabumi juga bisa menjadi jawabannya. Ini daftar rekomendasi kuliner khas Sukabumi yang wajib untuk dicoba.

1. Bubur Ayam Bunut

Bubur Ayam Bunut. (Instagram Hazeleufraxiadonna)

Rekomendasi kuliner kali ini adalah Bubur Ayam Bunut. Makanan ini berbeda dengan bubur pada umumnya. Bubur Ayam Bunut memiliki daya tarik tersendiri sebab disajikan topping yang sangat melimpah. Seperti risol, bihun, pepes, hingga ayam suwir. Ditambah topping sate-satean yang juga tersedia di meja.

Bubur Ayam Bunut berdiri sejak 1975. Itulah kenapa, bubur ini sudah memiliki pasar tersendiri. Apalagi, Bubur Ayam Bunut ini mempunyai cabang yang cukup banyak di kisaran wilayah Sukabumi.

Harga untuk seporsi Bubur Ayam Bunut hanya Rp 18.000 hingga Rp 20.000. Jika anda berminat untuk mencicipi kuliner khas Sukabumi ini kunjungi alamat Jalan Siliwangi Nomor 93, RT 01 RW 04, Cikole, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

2. Surabi Sukabumi

Kue Mochi Sukabumi. (Instagram Indosnack123)

Rekomendasi kuliner selanjutnya adalah Surabi Sukabumi. Sukabumi memiliki kuliner surabi yang berbeda dengan surabi lainnya. Salah satu pembeda adalah dari segi komposisi karena memasukkan durian.

Surabi durian ini menjadi salah satu kuliner yang khas dari Sukabumi. Aromanya yang sedap dan rasanya yang lembut, membuat orang-orang tidak bisa menolak untuk mencicipi.

Harga untuk seporsi surabi ini hanya Rp 10.000. Bisa anda temukan di sepanjang Jalan Sudirman Nomor 73, Gunung Parang, Kecamatan  Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

3. Bandros Ata

Bandros Ata. Ian Stithaprajna via Google Map

Rekomendasi kuliner berikutnya adalah makanan yang bila dimakan terasa gurih dan lembut. Komposisinya berupa tepung, telur, gula, mentega, hingga parutan kelapa. Apa lagi kalo buka kuliner khas Sukabumi yaitu Bandros Ata. Walaupun dengan bahan-bahan yang sederhana Bandros ini cukup banyak peminatnya.

Kuliner Bandros ini enaknya dinikmati pada malam hari yang dingin. Cocok juga dipadukan dengan minuman pendamping berupa Bandrek yang terbuat dari jahe, campuran gula merah, dan juga rempah-rempah.

Harga kuliner Bandros Ata ini cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 18.000 untuk seporsinya. Kuliner Bandros Atta berada di Jalan Gudang Nomor 4, Kebon Jati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

4. Kue Mochi Khas Sukabumi

Kue Mochi Sukabumi. (Instagram Indosnack123)

Jika anda ingin membeli oleh-oleh khas Sukabumi, kue mochi bisa jadi pilihan. Dengan rasa yang manis dan bertekstur lembut, orang tua hingga anak-anak pasti suka dengan kuliner satu ini.

Awalnya, mochi merupakan makanan khas Tiongkok. Namun, akulturasi membuat mochi juga terkenal di Sukabumi. Varian rasanya banyak, mulai dari isian kacang, coklat, hingga durian.

Harga untuk mochi yang menjadi kuliner khas Sukabumi kali ini berkisar antara Rp 75.000 hingga Rp 78.000. Jika anda ingin membeli oleh-oleh khas Sukabumi, langsung saja ke Jalan Kaswari Nomor 1, Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

5. Nasi Ungu

Nasi Ungu. (Instagram/Dapurfibie)

Rekomendasi kali ini merupakan makanan Khas Sukabumi berupa nasi. Tetapi dengan tekstur dan warna yang berbeda. Yakni, nasi ungu khas Sukabumi. Warna ungu pada nasi ini berasal dari bahan alami seperti ubi ungu dan buah bit.

Kuliner khas Sukabumi sebenarnya nasi uduk yang berwarna ungu dengan berbagai menu pendamping yang nikmat. Sangat disayangkan jika anda tidak mencicipi nasi ungu jika berkunjung ke Sukabumi.

Jika anda ingin menikmati nasi ungu khas Sukabumi, bisa langsung mengunjungi Jalan Brawijaya Nomor 16, Sriwidari, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : Isna Febby Sakinah


Artikel ini bersumber dari : www.jawapos.com.

Tinggalkan komentar