Ingin Lepas Penat? Kunjungi Wisata Alam di Jakarta Berikut Ini

Diposting pada

VIVA Travel – Wisata alam memang bisa menjadi salah satu destinasi yang dipilih untuk melepas penat. Namun, untuk warga Jakart, terkadang bingung untuk mencari wisata alam yang dapat dikunjungi. 

Wisata alam adalah tempat pariwisata yang memanfaatkan potensi sumber daya alam, baik dalam keadaan alami maupun setelah ada usaha budi daya. Secara garis besar, wisata alam merupakan kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi alam untuk dinikmati keindahannya, baik yang masih alami atau sudah ada usaha budi daya, agar ada daya tarik wisata ke tempat tersebut.

Setelah melakukan wisata alam, tubuh dan pikiran bisa menjadi segar kembali dan setelah itu bisa bekerja dengan lebih kreatif lagi karena melakukan wisata alam kita bisa mendapatkan kesenangan jasmani maupun rohani. Selain itu, wisata alam bertujuan sebagai penghilang stres, penyegar pandangan, meningkatkan konsentrasi, serta mampu menenangkan hati dan menyegarkan pikiran. Wisata alam juga dapat meningkatkan konsentrasi, dan membantu tubuh dalam meningkatkan produktivitas.

Jika ingin ke Bogor biasanya akan macet ketika akhir pekan, namun jika ingin ke Bandung, akan memakan waktu yang tidak singkat. Nah, sebenarnya Ibu Kota Indonesia kita ini memiliki beberapa wisata alam yang mungkin tak banyak diketahui oleh banyak orang. 

Tak perlu jauh – jauh ke luar kota, 5 rekomendasi wisata alam yang dirangkum Viva ini masih berada di kawasan Jakarta! Berikut 5 wisata alam tersebut: 

Wisata Alam Mangrove

Hutan Mangrove Jakarta, Pantai Indah Kapuk

Hutan Mangrove Jakarta, Pantai Indah Kapuk

Kawasan konservasi alam mangrove seluas 99,82 hektare ini dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam. Tempat yang satu ini terletak di kelurahan Kamal Muara yang bersebelahan dengan kawasan elite Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara. Meski lokasinya berada di ujung Jakarta Utara namun akses ke sana terbilang cukup mudah.

Pengunjung bisa ke sana baik melalui kendaraan pribadi via tol atau kendaraan umum. Di sini pengunjung bisa healing sambil menikmati udara segar khas pesisir pantai.

Baca Juga :   Widya Murad Apresiasi Pemkot & Dekranasda Kota Ambon – dinamikamaluku.com

Selain itu banyak spot foto yang instagrammable seperti jembatan kayu, penginapan-penginapan yang terbuat dari dinding kayu, atau sekedar berfoto dengan latar belakang hutan mangrove.

Wisata Alam Tebet Eco Park

Taman publik Tebet Eco Park, Tebet, Jakarta Selatan

Taman publik Tebet Eco Park, Tebet, Jakarta Selatan

Tebet Eco Park adalah taman baru dibuka pada tanggal 23 April 2022 lalu. Taman seluas tujuh hektare ini akhirnya menyatukan kedua taman yang sebelumnya terpisah, yaitu Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Penyatuan kedua taman disatukan dengan jembatan berwarna oranye kemerahan yang berbentuk melingkar bagai simbol tak terbatas atau infinity. Karena itu pula jembatan ini dinamakan Infinity Link Bridge

Ada berbagai area dan fasilitas lengkap yang bisa dikunjungi yaitu Tebet Eco Plaza Park atau TEP Plaza, Taman Tematik, Community Lawn, Foodcourt area UMKM, Wetland Boardwalk, Community Garden, Zona Main Anak, dan Forest Buffer. Para pengunjung bisa menikmati semua fasilitas secara gratis. 

Setu Babakan

Wisata Kampung Betawi Setu Babakan Ramai Diserbu Pengunjung

Wisata Kampung Betawi Setu Babakan Ramai Diserbu Pengunjung

Photo :

  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

Jika ingin merasakan alam namun tak ingin jauh-jauh dari pusat kota, maka Setu Babakan bisa jadi salah satu destinasi wisata alam yang dikunjungi.

Setu Babakan terletak di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Nah begitu melintasi, kamu akan disuguhkan dengan jejeran adat Betawi yang begitu kental. Area ini pun resmi menjadi pusat pelestarian budaya asli Jakarta.

Wisata yang paling identik dengan Setu Babakan yaitu sebuah danau. Pengunjung dapat menikmati suasana kesegaran alam sambil menaiki perahu angsa. Suasana seperti ini tidak akan ditemukan di tempat lain di Jakarta. Pengunjung bisa membawa makanan untuk piknik, sekedar jalan santai dan lainnya. 

Pulau Seribu

Pulau Seribu

Seperti namanya, Pulau Seribu terdiri dari sederetan pulau-pulau kecil, meski jumlahnya tidak benar-benar seribu. Ada pulau yang berpenduduk, ada pulau resort, dan ada pulau privat. Sebagian besar pulau di wilayah administrasi ini memang terbuka untuk aktivitas pariwisata, namun ada juga pulau yang diperuntukkan untuk kawasan konservasi, serta pulau yang murni digunakan untuk keperluan pribadi oleh pemiliknya.

Baca Juga :   Anggota TNI 'Cekoki' Tentara AS Gorengan-Teh Panas, Doyan Sampai Manggut-Manggut

Untuk mencapai pulau ini membutuhkan waktu 20 menit hingga 2,5 jam, tergantung pulau yang dituju. Pulau yang paling terkenal antara lain Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung dan Pulau Pari.

Pantai Ancol

Senja di Segarra Pantai Carnival Ancol

Senja di Segarra Pantai Carnival Ancol

Meski lawas namun kawasan Pantai Ancol tidak pernah sepi pengunjung. Selain karena tiketnya yang murah, di kawasan Pantai Ancol juga membebaskan pengunjung membawa makanan dan minuman dari luar. 

Hal itulah yang membuat banyak pengunjung beta berlama-lama piknik di pantai. Panorama pemandangan pantai yang indah dan angin semilir yang sejuk juga membuat para pengunjung merasa segar di sana.

Masuk ke Pantai Ancol hanya dikenakan biaya masuk pintu gerbang Ancol. Untuk kendaraan bermotor dikenakan biaya Rp 15.000 saja sedangkan untuk kendaraan mobil dikenakan biaya masuk Rp 25.000 saja. 

Hutan Kota Plataran

Hutan Kota by Plataran

Nah, rekomendasi yang terakhir adalah Hutan Kota Plataran GBK. Hutan Kota yang terletak di tengah kota ini, tempatnya di jalan Sudirman, bisa menjadi pilihan untuk berkunjung dikala ingin refreshing atau sekedar melepas penat dengan singkat. 

Hutan Kota GBK ini memiliki luas kurang lebih empat hektar. Untuk masuk ke taman ini pun tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Di taman ini pula, para pengunjung bisa piknik di hamparan tanah hijau dengan pemandangan gedung gedung tinggi nan indah kota Jakarta. Untuk pecinta sunset, taman ini cocok untuk menikmati sore sambil menunggu matahari terbenam. 

Tambah lagi, letak Hutan Kota GBK ini juga dekat dengan outer ringroad GBK yang biasa digunakan untuk jogging dan jalan santai para pengunjung. Jadi selain refreshing, pengunjung juga bisa berolahraga di sini.

Letaknya yang strategis bisa dijangkau dengan motor dan mobil (disediakan oleh pengelola) atau menggunakan transportasi umum seperti MRT atau Busway Transjakarta.

Artikel ini bersumber dari : www.viva.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *