Ini Lokasinya, Objek Wisata Alam Yang Ditutup BKSDA Sumbar Pada 17 Agustus 2022 – PETISI.CO

Diposting pada

SUMBAR, PETISI.CO – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat melakukan penutupan objek wisata alam di Suaka Marga Satwa (SM) dan Taman Wisata Alam (TWA) untuk memperingati HUT kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2022, Jumat (12/08).

Hal ini disampaikan BKSDA Sumbar dalam surat pengumuman bernomor: PG.1427/K.9/TU/KSA/8/2022 yang dikeluarkan pada 8 Agustus lalu.

Penutupan ini sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor: 2 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4 Corona virus disease 2019 (Covid-19) di wilayah Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara Maluku, dan Papua.

Selain itu Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono, S.T.P, M.Sc juga menjelaskan bahwa penutupan kawasan pada hari kemerdekaan ini bertujuan untuk menjaga kawasan agar tetap terjaga  keutuhannya dengan merujuk hasil penelitian tentang carrying capasity (daya dukung kawasan), untuk kawasan Gunung  Singgalang, Tandikat, Marapi, Sago Malintang hanya mampu menampung 150 orang pengunjung dalam suatu masa kunjungan, dengan dasar lebar jalur, panjang jalur, tempat berkemah, sumber air hingga kelengkapan sarana termasuk akses masuk kawasan.

Pembatasan kunjungan juga dilaksanakan untuk tujuan sebagai berikut:

– Mencegah dan mengurangi kecelakaan bagi para pendaki

– Mencegah kerusakan kawasan seperti pembukaan areal untuk kemping, pengambilan kayu, vandalisme dan perilaku lainnya.

– Mencegah timbulnya sampah dari pendaki, karena banyaknya sampah baik plastik, kaleng, botol dan sisa makanan akan berdampak merubah perilaku satwa dalam hal ini satwa jadi pemakan sampah dan membahayakan satwa itu sendiri. (if)



Kunjungan :
89


Artikel ini bersumber dari : petisi.co.

Baca Juga :   Transformasi Menjadi Kota Pariwisata, Pemko Semarang Raih KDI 2022 : Okezone Nasional
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *