Jagung Bose Hingga Sambal Lu’at, Nikmatnya Masakan Khas NTT

Diposting pada

Minggu, 11 September 2022 – 11:15 WIB

VIVA Kuliner – JF3 Food Festival melalui Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) dengan tema Cerita Rasa Nusantara kembali digelar mulai Jumat, 9 September 2022 di Mal Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dalam acara ini, ada 500 menu yang hadir dari berbagai daerah, salah satunya adalah masakan khas dari Nusa Tenggara Timur (NTT) by Dekranasda NTT.

Berbagai masakan khas asal NTT yang ditawarkan antara lain jagung bose, sei sapi, sayur rumpu rampe, lawar ikan, dan sambal lu’at.

Perwakilan Deskranada NTT, Alce Papote menjelaskan, jagung bose adalah makanan pokok masyarakat NTT berupa jagung yang diproses dengan cara dikeringkan dan ditumbuk hingga keluar air. Jagung tersebut kemudian direndam selama semalaman lalu ditambahkan kacang nasi (kacang telo), kacang tanah dan dimasak menggunakan tulang sapi dan santan.

Kemudian, sayur rumpu rampe adalah sayur yang dibuat dari daun kelor, daun pepaya, jantung pisang dan buah pepaya muda ditumis menggunakan ebi, dan lombok atau cabai.

Kuliner khas NTT, sayur rumpu rampe.

Kuliner khas NTT, sayur rumpu rampe.

Sedangkan lawar ikan adalah ikan teri basah yang diproses dengan cara dikeluarkan tulangnya lalu dicampur menggunakan jeruk nipis, jeruk limau, lombok rawit, bawang, daun kemangi dan direndam dengan menggunakan air jeruk dan garam.

Artikel ini bersumber dari : www.viva.co.id.

Baca Juga :   Nasi Puyung, Nasi Balap Kuliner Khas Lombok Terpedas
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *