Temukan Olahan Jajanan Kekinian dari Kentang Disini!

Diposting pada

Jajanan Kekinian – Punya banyak kentang, tapi bingung ingin diolah apa? Tenang, Anda bisa mengolah kentang tersebut menjadi jajanan kekinian yang enak. Dijamin keluarga dirumah suka apalagi tersajikan dalam kondisi hangat saat hujan.

Beberapa Olahan Jajanan Kekinian dari Kentang

Jajanan Kekinian
Jajanan Kekinian

Sebelum mengolah kentangnya, pastikan kentangnya tidak busuk dan tidak ada kentang yang berwarna hijau. Karena kentang yang berwarna hijau kurang baik untuk dikonsumsi. Berikut beberapa olahan jajan dari kentang.

1. Donat

Siapa sih yang masih belum tahu donat? Donat adalah salah satu jenis jajanan kekinian dari kentang yang banyak disukai. Donat memiliki bentuk bulat dan terdapat lubang pada tengahnya. Disajikan dengan lelehan coklat diatasnya, atau biasanya juga bisa dengan dimakan dengan gula halus.

Untuk membuatnya Anda perlu beberapa bahan seperti susu, tepung terigu, gula pasir, ragi, telur dan sebagainya. Jadi Anda bisa membuat olahan ini diwaktu yang benar-benar luang. Karena lumayan membutuhkan cukup banyak waktu.

2. Hotang

Jajanan dari Korea ini atau bisa disebut dokkebi hotdog adalah jajanan yang juga sudah banyak di jual di Indonesia. Untuk membuatnya Anda membutuhkan tepung terigu, ragi, gula, sosis, dan kentang. Tepung terigu diberikan larutan ragi dan gula. Kemudian tutup dan diamkan beberapa saat.

Nantinya adonan tersebut akan mengembang. Sosis ditusuk menggunakan tusukan sate, kemudian sosis tersebut dibaluri menggunakan adonan. Apabila sudah terbentuk bulat panjang, potongan kentang ditempelkan di permukaan hotang. Selanjutnya Anda bisa goreng pada minyak yang panas.

Baca Juga :   7 Makanan Khas Lampung yang Unik dan Rasanya Lezat

3. Twister

Meski namanya sedikit asing, namun jajanan dari kentang ini cukup sering muncul di media sosial. Twister ini ada jajanan dari kentang utuh yang kemudian diiris tipis menggunakan alat ulir, dan kemudian ditusuk menggunakan bambu yang panjang dan digoreng.

Twister ini berbentuk spiral dan biasanya disajikan menggunakan berbagai bumbu tambahan seperti balado untuk menambah sedikit rasa pedas.

4. Potato Wedges

Di Indonesia potato wedges mudah dijumpai di restoran dan cafe-cafe. Namun ternyata Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah, asal memiliki bahannya. Hanya membutuhkan kentang, seledri, tepung serbaguna merk apapun, dan tambahan bumbu seperti garam dan lada.

Potong kentang sesuai dengan selera, kemudian rebus terlebih dahulu kentangnya. Buat adonan dari tepung yang ditambah air. Celupkan kentang dan kemudian goreng pada minyak panas. Bisa disajikan dengan tambahan saus pedas diatasnya.

5. Omelet Kentang

Tidak hanya ada omelet pisang, sekarang juga tersedia inovasi yaitu omelet dari kentang. Bahan utamanya selain kentang, ada juga telur, tepung serba guna, serta bisa ditambah dengan irisan daun bawang. Cara pembuatannya juga cukup mudah, rebus kentang.

Buat adonan telur yang ditambah tepung dan daun bawang. Masukan kentang kedalamnya dan aduk merata. Selanjutnya tinggal digoreng dengan sedikit minyak.

6. Potato Coklat Ball

Jajan ini memiliki perpaduan rasa gurih dan manis. Terbuat dari kentang yang dihancurkan dan kemudian ditambah tepung maizena. Adonan tersebut kemudian diberi isi coklat dan dibentuk menjadi bulat. Setelah itu lumuri dengan telur yang sudah dikocok dan ditaburi dengan panir.

Jajanan ini mudah dibuat namun rasanya sangat lumer dimulut. Pasti akan cocok untuk dijadikan jajan sehat keluarga.

Baca Juga :   BERITA FOTO: Berburu Jajanan Murah di Jakarta Fair Kemayoran Halaman all

Dari 6 olahan jajanan kekinian dari kentang diatas, jajan mana yang ingin Anda buat dan disajikan di rumah? Ingin pedas atau manis, semuanya bisa Anda pilih salah satu dari mereka.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *