6 Jajanan Khas Bali yang Enak dan Wajib Dicoba

Diposting pada

Jajanan Khas Bali – Selain tempat wisatanya yang menakjubkan. Bali juga memiliki jajanan khas yang tidak kalah enaknya. Jajanan khas Bali ini juga bisa  Anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Dijamin puas dan nagih karena rasanya unik dan jarang ditemui

Jajanan Khas Bali yang Enak

Jajanan Khas Bali
Jajanan Khas Bali

Bagi yang sedang berkunjung ke Bali, bisa banget masukin beberapa daftar rekomendasi dibawah ini sebagai buah tangan untuk dibawa pulang.

1. Pie Susu

Saat ini pie susu memang sudah bisa ditemui di mana saja. Namun pie susu khas Bali memiliki ciri khas sendiri dan banyak disukai oleh wisatawan. Pie susu ini sendiri biasanya dijadikan untuk acara keluarga maupun kegiatan-kegiatan ibadah lain oleh masyarakat.

Pie susu sendiri memiliki bentuk mirip pie pada umumnya namun lebih tipis dan kering. Ukurannya juga lebih mini sehingga cocok sekali digunakan sebagai buah tangan.

2. Pia/Bakpia

Bakpia khas Bali sudah sangat terkenal. Bakpia Bali hampir mirip dengan bakpia khas Jogja, yang membedakan hanya isian bakpia bali yang lebih beragam. Seperti keju, coklat, strawberry dan kacang hijau.

Terdapat 2 merek besar menjual bakpia Bali, yaitu Pia Legong dan Pia Eiji. Keduanya sama-sama memiliki bakpia yang lezat dan khas.

3. Laklak

Untuk jajanan ini mungkin masih belum banyak yang tahu. Apalagi bagi yang pernah datang secara langsung ke Bali. Jadi laklak ini memiliki tampilan seperti serabi yang ada di Jawa. Adapun yang membedakannya adalah dari segi warna serabi yang lebih hijau dan ukuran yang lebih kecil.

Baca Juga :   Minimalkan Sengketa Pemilu, Bawaslu Gorontalo Utara Akan Tingkatkan Pengawasan

Kue laklak terbuat dari campuran tepung beras, air dan daun suji. Adonan ketiga bahan tersebut diletakan dicetakan khusus dan kemudian diberi bara api di bawahnya. Apabila sudah matang, laklak disajikan bersama kelapa parut dan gula merah cair.

4. Jaje Injin

Jaje injin adalah jajanan khas Bali yang terbuat dari ketan hitam. Ketan hitam nantinya akan dikukus hingga matang dan tiriskan. Kemudian diberi taburan kelapa dan gula merah cair diatasnya. Jaje ini biasanya banyak ditemukan di pasar tradisional.

Mungkin jika hanya dilihat dari penampilan Anda tidak akan tertarik. Namun ternyata rasa dari Jaje sendiri cukup unik. Karena memiliki perpaduan manis, gurih dari kelapa dan gula merah.

5. Pisang Rai

Jajanan satu ini jika dilihat sekilas mirip dengan es pisang ijo khas Makassar. Dan yang membedakan keduanya adalah jika es pisang ijo ada kuah manis dan es, pisang rai tidak ada. Selain itu, adonan kulit luar pisang rai memiliki warna yang lebih hijau.

Pisang yang digunakan adalah jenis pisang tanduk, pisang raja, atau pisang ambon yang tidak terlalu matang. Agar tekstur dari pisang tidak terlalu lembek.

6. Bendu

Bendu merupakan jajanan Bali tepatnya daerah jembrana. Bandu memiliki tampilan seperti lumpia namun dibungkung menggunakan daun pisang. Isian dari bendu adalah gula unti dan bagian luarnya terbuat dari tepung ketan.

Adapun gula unti yang dimaksud adalah gula merah yang dicampur dengan garam dan parutan kelapa. Bendu biasanya disajikan dalam upacara adat maupun acara pemerintahan.

Jadi itu adalah 6 rekomendasi jajanan khas Bali. Mungkin beberapa jajanan masih terdengar asing apalagi bagi yang belum pernah mendatangi Bali secara langsung. Namun tidak papa, Anda bisa mencoba jajanan ini apabila sudah bisa mengunjungi Bali.

Baca Juga :   Philan Trip, Cara Sahabat SOS Mengenal Lebih Dekat Anak-anak dan Para Ibu di SOS Children's Village Medan – Sumut24

 

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *